• Latest News

    Saturday, 30 January 2016

    17 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

    tomat

    Manfaat tomat sepertinya sudah tidak asing lagi untuk setiap orang di penjuru dunia. Tomat memang memiliki rasa keasaaman yang khas, dan sering digunakan orang sebagai salah satu bumbu pada masakan. Tidak hanya menjadi bumbu masakan, namun kandungan nutrisi di dalam tomat ini memberikan manfaat bagi tubuh. Sebagai berikut :

    1. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan
    Pada tulisan sebelumnya, lemak dikatakan sebagai pemicu darah tinggi dan meningkatkanya berat badan. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan. Apabila Anda sudah banyak berolahraga namun berat tak kunjung menurun, coba bantu dengan konsumsi tomat secara rutin sebelum latihan. Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut mempunyai peranan penting dalam masalah berat badan, Anda bisa mengatur mereka dengan melakukan aktivitas gerak seperti berlari, gym, dan lain-lain.

    2. Membentuk otot
    Pria bertubuh kurus akan sulit mendapat perhatian kaum hawa, itulah mengapa banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk membentuk tubuh menjadi ideal posturnya. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?
    Jika iya, maka Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang wajib dilakukan, yaitu istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda harus tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.
    Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya adalah buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga. Jadi, sebelum dan sesudah latihan, tidak ada salahnya Anda makan sepotong buah tomat guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur atletis.

    3. Mencegah kanker
    Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru dapat ditangani secara efektif oleh buah ini. Pernyataan tersebut merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

    4. Menjaga gigi dan tulang tetap sehat
    Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

    5. Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi
    Tubuh menyimpan dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL kolesterol harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, jika tidak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cara mengobati tekanan darah tinggi bisa diawali dengan upaya yang mudah, seperti makan buah tomat secara rutin. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang harus dikonsumsi adalah kandungan mineral yang tersimpan di dalam tomat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

    6. Menyehatkan mata
    Penderita mata minus sering disarankan untuk konsumsi buah tomat agar minusnya tidak bertambah. Tahukah alasannya? Tomat sudah dikenali banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Antara satu dengan yang lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

    7. Mengontrol gula darah
    Gula dalam darah tidak boleh melebihi batas wajar agar tidak memperbesar risiko diabetes. Anda bisa membantu pengontrolan gula darah dengan rutin konsumsi buah tomat. Tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan tubuh agar jumlah gula darah tidak mengalami pelonjakan.

    8. Mengobati nyeri punggung
    Masalah terkait peradangan seperti nyeri punggung harus diperhatikan cukup serius agar masalahnya tidak berkelanjutan. Jika Anda menderita hal tersebut, konsumsilah buah tomat secara teratur disambi melakukan pengobatan yang semestinya.  Tomat menunjang proses penyembuhan dengan mentransfer bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti peradangan. Jika nyeri punggung yang Anda alami sifatnya kronis, biasanya proses pemulihan atau peredaan rasa sakit akan berlangsung cukup lama.

    9. Mengecilkan dan mengencangkan pori - pori wajah
    Cara membuat masker tomat untuk wajah kencang:
    1. Blender tomat segar
    2. Campurkan dua sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan air
    3. Gunakan kapas untuk mengusap wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan
    4. Pijat seluruh permukaan kulit wajah secara merata selama 15 menit

    10. Mencerahkan kulit
    Kulit wajah Anda kusam dan hingga kini belum tahu rahasia kecantikan untuk membuat kulit wajah cerah? Gunakan saja tomat yang mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang sedang menimpa Anda. Caranya pun tidak sulit, Anda siapkan satu atau dua potong tomat segar, iris ukuran cukup tebal. Gunakan tiap irisan untuk menggosok wajah secara merata. Dalam seminggu lakukan rutin setiap hari agar memberikan hasil maksimal, kulit tampak bersinar dan sehat.

    11. Menghilangkan jerawat
    Pada sejumlah obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata memerlukan bantuan vitamin A dan C. Jika Anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi tersebut. Selain Vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Pada kondisi jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama satu jam.

    12. Mengatasi kulit berminyak
    Produksi sebum berlebih dapat membuat wajah dipenuhi minyak dan bila terlihat dari jauh menjadi berkilau. Apabila tidak segera diatasi beragam masalah lain siap hadir juga pada wajah Anda, seperti jerawat, flek hitam, dan bahkan komedo. Langkah mudah untuk mengatasi kulit berminyak dengan tomat adalah membuat jus dari 2 potong tomat yang dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker pada wajah dengan cara mengoles pakai kapas, kemudian diamkan hingga kering dan bilas sesudahnya. Jika rutin melaksanakannya, minyak pada wajah akan lebih terkontrol dan pori-pori ikut mengecil.

    13. Menyegarkan mata
    Sepulang ngantor pasti mata lelah dan ingin sekali dibuat tidur. Ada baiknya sebelum bergegas mengistirahatkan mata, lakukanlah pemijatan ringan pada seluruh permukaan wajah Anda dan tempelkan dua iris tomat ke kedua bola mata Anda (menutupi kedua mata). Tomat akan merileksasikan mata Anda yang lelah karena telah seharian digunakan untuk bekerja. Jika Anda memiliki kantung mata, menggunakan potongan tomat juga dapat membantu menghilangkannya.

    14. Mencegah kerusakan sel
    Kerusakan sel akan membuat kulit menjadi bermasalah, tampak kemerahan dan bahkan bisa timbul kerutan yang membuat Anda terlihat 10 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Kondisi ini sering disebut dengan radikal bebas. Untuk membantu mencegah kerusakan sel, Anda bisa konsumsi setidaknya 16 miligram likopen yang terdapat dalam tomat setiap harinya. Setelah makan siang, ganti minuman bersoda Anda dengan jus tomat yang lebih menyehatkan.

    15. Mengatasi rambut rontok
    Meski belum banyak membuahkan hasil, banyak orang yang yakin bahwa penggunaan tomat untuk rambut dapat mengurangi kerontokan rambut. Jika Anda ingin membuatnya, coba lakukan pemeriksaan dulu pada dokter apakah jenis rambut Anda sensitif atau tidak jika diberi perawatan alami dengan tomat.

    16. Menghilangkan bau kulit kepala
    Bau pada kulit kepala sangat jarang terjadi, karena mengetahui faktor pemicunya yang memang hampir tidak pernah kita lakukan. Tetapi siapa tahu suatu saat Anda mengalami problem semacam ini, berikut cara menghilangkan bau kulit kepala dengan tomat. Buat tomat dan saring airnya. Siramkan air pada rambut dan beri pijatan pada kulit kepala selama beberapa menit, sehabis itu diamkan mengering 30 menit lamanya. Jika sudah, cuci rambut dengan shampo wangi seperti biasa.

    17. menguatkan rambut
    Rambut yang tidak sehat akan mudah rapuh dan patah, karena itu Anda butuh sesuatu yang bisa menguatkan akar rambut. Apa? Ya, tomat. Tomat bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bermasalah dengan rambut patah dan rapuh. Dengan mengoleskan masker tomat secara rutin, rambut akan lebih kuat, lembab, dan terbebas dari kekeringan.

    Semoga Bermanfaat

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: 17 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top