• Latest News

    Friday, 29 January 2016

    Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds

    Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds

    Pada saat telinga mulai tidak nyaman atau gatal pastinya kamu langsung akan membersihkannya dengan menggunakan penyeka kapas/cotton buds, ternyata hal ini dapat berakibat buruk terhadap telinga anda. Kebiasaan tsb justru dapat membahayakan kesehatan telinga anda. Mengapa demikian? Berikut 3 alasan mengapa anda tdk perlu membersihkan telinga menggunakan penyeka kapas/cotton buds.
    1. Telinga mampu membersihkan diri sendiri
    Telinga tidak seperti dari kebanyakan organ tubuh yang lain, telinga ternyata tidak perlu dibersihkan. Telinga sebenarnya ialah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri sehingga tak perlu repot-repot membersihkan telinga. 


    Dokter telah menyarankan untuk tidk memakai benda apapun untuk membersihkan telinga. Benda-benda tersebut justru dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada telinga. 




    2. Lilin telinga menyehatkan

    Banyak orang  menggunakan penyeka kapas/cotton buds untuk mengeluarkan kotoran telinga (lilin telinga) dan menganggap kebiasaan tsb sudah benar. Padahal dibalik itu kotoran telinga sebenarnya sehat untuk telinga.


    Karena kotoran telinga berfungsi sebagai pelapis bagian dalam pada telinga dan melindungi telinga. Selain itu, kotoran telinga juga mempunyai sifat anti-bakteri yang dapat mencegah telinga terinfeksi serta membantu keluaran air yang masuk ke telinga.

    Kotoran telinga dihasilkan oleh bagian dalam pada telinga, yang dapat menyerap/membersihkan kuman serta sel-sel kulit yang mati dan perlahan membuangnya keluar dari telinga. Kotoran telinga kita dapat dihasilkan dari berbicara, mengunyah dan tersenyum dapat mempercepat produksi kotoran di telinga. 

    Pada beberapa kasus, seseorang dapat mengalami terlalu banyak kotoran di terlinganya yang menimbulkan rasa nyeri pada telinga sehingga mempengaruhi pendengaran serta menimbulkan nyeri di telinga. Hal tsb dapat diatasi dengan berkunjung ke dokter spesialis telinga/THT. 



    3. Penyeka kapas/cotton buds dapat merusak telinga

    Setiap kali memasukkan kapas ke telinga, tidak hanya dapat membawa kuman baru yang masuk ke dalam telinga, tetapi dapat membuat kotoran telinga kembali masuk kedalam telinga. 


    Kotoran telinga yang seharusnya dapat keluar dengan sendirinya, ternyata dapat masuk kembali dikarenakan mendapat dorongan dari penyeka kapas/cotton buds. Oleh karena itu kuman serta kotoran seharusnya keluar dari telinga terjebak kembali di telinga.


    Kebiasaan buruk tsb dapat mempengaruhi gendang telinga. Gendang telinga adalah selaput tipis yang terletak pada ujung saluran telinga yang sangat lembut. Ketika sedang asyik-asyiknya membersihkan kotoran di telinga, Bisa saja secara tak sengaja anda merobek gendang telinga.


    Gendang telinga dapat pecah bahkan dengan menggunakan tekanan dari kapas saja yang berpotensi lebih besar dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran. Walaupun gendang telinga dapat sembuh, hal tsb membutuhkan waktu yang lumayan lama dan terasa tidak mengenakkan/menyakitkan.


    Penyakit datangnya dari Allah swt, kesembuhan datangnya dari Allah swt.

    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top