• Latest News

    Friday, 29 January 2016

    Bahaya Mandi Malam

    mandi malam

    Apakah kalian sering ditegur oleh orang tua saat mandi di malam hari? Orang tua sering berkata bahwa mandi malam ga baik untuk kesehatan. Kita bisa saja terkena berbagai penyakit seperti reumatik, asam urat dan lain sebagainya.
    Benarkah informasi yang diberikan diatas? berikut ialah dampak dari mandi malam bagi kesehatan :
    1. Reumatik
    Rematik termasuk penyakit yang tergolong tidak terlalu berbahaya, jika anda seorang penderita reumatik alangkah baiknya jika anda jangan mandi di malam hari, jika memang ada kesibukan diharapkan mandi dengan air hangat.
    2. Penuaan awal/dini
    Mandi malam dapat mempercepat penuaan, mandi di malam hari akan mengakibatkan tubuh tidak kuat mendapat rangsangan air dingin pada saat mandi malam, hal tsb mengakibatkant metabolisme tubuh cepat/meningkat. Oleh sebab itu tubuh membutuhkan suplai/asupan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menyeimbangkannya/menstabilkannya.
    3. Paru-paru basah
    Mandi malam dapat mengakibatkann paru-paru basah atau pneumonia dalam bahasa medis. Mitos ini tidaklah 100% benar. Karena paru-paru basah muncul karena infeksi virus/bakteri yang berasal dari radikal bebas/udara. Penderita paru-paru basah biasanya akan mengalami batuk berdahak, sesak, sulit bernafas, dan menggigil.
    4. Metabolisme terganggu
    Mandi malam dapat mengganggu metabolisme pada tubuh, mengapa demikian? hal tsb disebabkan pada malam hari, suhu tubuh kita cenderung mulai meningkat dan memerlukan istirahat. Jika kita mandi malam disaat pori-pori kulit terbuka karena efek dari suhu tubuh yang melemah maka air akan mudah masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan terganggunya metabolisme.
    5. Masuk angin
    Malam hari ialah waktunya tubuh dan organ-ogan beristirahat, mandi malam ternyata dapat menimbulkan tubuh masuk angin, menggigil, dan meriang. Terutama pada saat suhu tubuh anda tinggi karena dari bekerja atau  hal lainnya sehingga diharapkan jangan langsung mandi pada saat malam tunggu sampai suhu tubuh kembali normal.
    6. Demam
    Demam berkaitan dengan pori-pori tubuh yang mulai terbuka dan suhu tubuh cenderung meningkat pada malam hari, sebaiknya hindari mandi malam. Jika tubuh dalam keadaan “panas” disiram/diguyur air dingin di malam hari maka pori-pori yang terbuka akan membuat tubuh kita panas dingin seperti halnya demam.
    7. Nyeri otot
    Kebanyakan orang yang mandi pada malam hari akan merasakan nyeri pada otot, hal tsb disebabkan air dingin di malam hari mudah memasuki tubuh karena pori-pori yang terbuka.


    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: Bahaya Mandi Malam Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top