• Latest News

    Saturday, 27 February 2016

    Asma dan Cara Penanganannya

    Asma Brokhial merupakan suatu penyakit pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh peningkatan respon pada saluran napas, terhadap berbagai macam rangsangan yang ditandai oleh penyempitan pada saluran napas yang disertai keluarnya lendir/dahak yang berlebihan melalui kelenjar mukosa pada dinding saluran napas.
    asma

    Mengapa Timbul Asma Brokhial?
    Munculnya gejala asma yaitu batuk dan sesak napas bisa disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang tidak spesifik/khusus seperti udara dingin, polusi udara, perubahan pada tekanan udara, faktor psikologi dan malaise/kelelahan.

    Dasar munculnya gejala asma adalah terjadinya penyempitan pada saluran napas (bronkus), pembengkakan permukaan saluran napas (edema bronkus) dan berlebihnya produksi lendir (hipersekresi).

    Apa Gejalanya?
    Gejala asma yang mudah dideteksi ialah sesak napas serta batuk berulang, untuk mengetahui ringan beratnya penyakit asma penting pula untuk mengetahui seberapa lama, sering atau tidaknya dan seberapa hebatnya/kuatnya serangan dan pada saat kapan anak bebas dari serangan asma.

    Sedangkan untuk kita mengetahui seberapa jelas penyebabnya, kita perlu mengetahui waktu /keadaan atau kegiatan yang anak lakukan sebelum mendapat serangan asma. Pikirkan apa penyebabnya bisa saja udara, merokok, makanan/minuman yang terkontaminasi, debu alergen, infeksi virus/bakteri, mengkonsumsi obat-obatan, dan lain-lain. Sebaiknya dibuat catatan khusus kegiatan anak, sehingga kita dapat mengetahui gambaran jelas mengenai penyebab serangan asma tsb, biasanya seseorang yang menderita asma mempunyai riwayat /pengalaman asma atau alergi sebelumnya.

    Bagaimana Cara Penanganannya?
    1. Non farmakologik/ tanpa obat-obatan
    • Menghindari penyebab/pencetus serangan (alergen) dan kontrol lingkungan hidupnya
    • Latihan relaksasidan distraksi kontrol emosi dan melakukan senam atau olahraga yang berguna memperkuat otot-otot pada saluran pernapasan misalnya dengan cara berenang.
    2. Farmakologi
    • pelonggar saluran napas misalnya salbutamol, aminofilin (terapi inhalasi)
    • Pengencer/pemecah lendir/dahak misalnya seperti bromhexin atau ambroxol, dll
    Demikian penjelasan yang singkat ini semoga dapat bermanfaat sehingga anda dapat menangani/mengatasi penyakit/serangan asma ini dengan bijaksana serta rasional.



    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: Asma dan Cara Penanganannya Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top