• Latest News

    Sunday, 7 February 2016

    Bahaya Mencabut Uban bagi Kesehatan

    uban

    Mendengar kata uban tentu hampir semua orang sudah tahu mengenai perubahan warna rambut tersebut. Uban merupakan perubahan warna pada rambut yang terjadi akibat kekurangan melanin. Persoalan uban biasanya menjadi masalah tersendiri di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.


    Rambut orang indonesia berwarna hitam karena memiliki kadar melanin yang tinggi. Uban umumnya tumbuh saat orang berumur 40 tahun keatas dikarenakan kadar melanin sudah mulai menurun efek dari penuaan. Saat ini uban bukan sebagai pertanda orang tua saja melainkan laki-laki dan perempuan yang berumur dibawah 25 tahun sudah ada juga yang mempunyai uban. Walaupun baru tumbuh satu atau dua helai uban sudah sangat mengganggu penampilan tetapi jangan panik dan jangan langsung mencabutnya. Banyak di antara kita, baik orang tua maupun anak muda yang beruban, merasa risih bahkan kurang percaya diri karena takut dianggap sudah tua, hingga akhirnya mereka mencabut helai demi helai uban tersebut tanpa memperdulikan hukumnya  secara Islam maupun dampaknya secara medis.

    Setiap orang sebenarnya memiliki faktor genetik yang berbeda pada saat munculnya uban. Walaupun tidak ada yang bisa menghilangkan pertumbuhan uban tetapi uban cepat tumbuh dikarenakan faktor-faktor dibawah ini : 
    • keturunan/genetik
    • kurang darah/penyakit anemia
    • adanya gangguan metabolisme
    • menopause sebelum waktunya/menopause dini
    • merokok
    Hukum mencabut uban menurut islam
    Menurut Islam Syaikh Abdul Aziz Muhammad As-Salman ketika ditanya tentang hukum mencabut uban, beliau mengatakan, hukum dari mencabut uban ialah makruh (dibenci).

    Adapun dalil larangan mencabut uban yaitu sebuah hadits yang diriwayatkan dari Amru bin Syu’aib, yakni Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda. “Artinya : Janganlah kamu mencabut uban dikarenakan uban itu ialah cahaya seorang muslim. Tidaklah seorang muslim muncul ubannya dikarenakan (memikirkan) Islam malainkan Allah swt tulis untuknya (oleh sebab uban tsb) satu kebaikan, mengangkatnya/ (oleh sebab uban tsb) satu derajat, serta menghapus darinya (oleh sebab uban tsb) satu kesalahan” [Ahmad II/179, 210 dan lafalnya, Abu Dawud . 4202]


    Bahaya mencabut uban bagi kesehatan :
    Biasanya begitu kita melihat rambut putih langsung saja ingin mencabutnya karena reflek melihat ada sesuatu yang mengganggu penampilan di rambut kita. kebiasaan tersebut patut dihentikan, dan jangan pernah kalian menularkannya ke orang lain. Mencabut uban pun ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan.

    Seorang Dermatolog dr Farmanina Santoso mengatakan bahwa rambut yang ada di kepala tumbuh di bawah kulit kepala yang banyak sekali terdapat saraf-saraf. Hal tsb termasuk rambut putih/uban yang tumbuh dikarenakan berbagai faktor, yaitu keturunan, gaya hidup, serta stres. Oleh karena itu jika kita sering mencabut uban akan mengakibatkan sinyal saraf yang bertugas untuk memproduksi warna pada rambut terganggu. Tidak hanya warna pertumbuhan rambut pun akan terganggu.

    Uban yang tumbuh memang sebaiknya tidak boleh untuk dicabut, karena dapat merusak saraf-saraf, folikel, serta akar rambut. Jika akar rambut rusak selanjutnya dapat memicu timbulnya infeksi. Kebiasaan mencabut rambut uban juga bisa membuat rambut kita menjadi tipis yang menimbulkan rambut uban yang tumbuh akan mudah terlihat dan banyak.


    Semoga bermanfaat. . .
    waallahu a'lam bishawab

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 komentar:

    1. Mencabut uban ternyata dapat menyebabkan infeksi toh gan. Baru tau aku.

      ReplyDelete
    2. :( udah banyak uban di usia mudah ;-( karena malu ku cabutin, ernyata gak boleh :-s , thanks infonya gan

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Bahaya Mencabut Uban bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top