• Latest News

    Saturday, 6 February 2016

    Bahaya Menggunakan High Heels bagi Kesehatan


    high heels
    Memakai sepatu high heels termasuk kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan untuk sebagian para wanita. Dengan memakai sepatu high heels kaki anda dapat terlihat jenjang, tinggi serta cantik. Tetapi tahukah anda aksesoris kaki anda yang satu ini dapat menyebabkan pengaruh yang buruk bila anda tidak dapat mengetahui dampak apa saja yang bisa ditimbulkannya. Oleh sebab itu anda ada beberapa bahaya yang mengintai saat anda memakai sepatu high heels ini.



    Berikut ialah masalah yang mungkin muncul karena anda sudah sering memakai sepatu high heels dalam kehidupan sehari-hari :


    1. Otot Tubuh yang Mengecil

    Memakai sepatu high heels dalam jangka waktu yang lama dan sering dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada kaki. Tubuh yang tidak seimbang akibat dari penggunaan high heels dalam jangka waktu yang lama, akan menyebabkan atrofi otot atau pengecilan otot. Dikarenakan sepatu high heels terus - menerus memaksakan pemakainya untuk berjalan jinjit sehingga dalam jangka waktu yang cukup lama, otot pada bagian tersebut akan mengalami pemendekkan atau pengecilan.


    2. Memicu Tubuh yang Melengkung

    Memakai high heels yang sering dapat menyebabkan postur badan berubah, sehingga terjadi perubahan di pinggul dan tulang belakang anda menjadi tidak sejajar, itulah yang menyebabkan tubuh terlihat seperti bengkok/melengkung selain itu bisa juga mempengaruhi perubahan pada saat anda berjalan ketika melepaskan high heels pada kehidupan sehari-hari.


    3. Menjadi Pencetus Timbulnya Tumor jinak

    Pada dasarnya para wanita harus menyesuaikan bentuk kakinya dalam memilih dan memakai high heels, sehingga merasa aman dan nyaman. Selain kenyamanan, bentuk high heels juga mempengaruhi kesehatan. Usahakan untuk memilih sepatu high heels yang tidak menimbulkan penyempitan dan tidak mempunyai hak terlalu tinggi. Memakai sepatu hak tinggi yang terlalu sering dengan tinggi yang berlebih akan menyebabkan penebalan jaringan saraf disekitar jari kaki ketiga serta keempat menyebabkan rasa nyeri/sakit pada jari sehingga dapat memicu timbulnya tumor jinak.


    4. Resiko terkena Keseleo

    High heels juga dapa membuat anda tidak nyaman saat melakukan aktivitas sehari - hari sehingga memungkinkan terjadinya keselo di pergelangan pada kaki.


    5. Menimbulkan Masalah Kesehatan pada Ibu Hamil

    Ibu hamil sangat perlu dibatasi memakai sepatu high heels/hak tinggi, bila memang kegiatan mengharuskan anda untuk memakai sepatu hak tinggi usahakan anda tidak memilih hak yang tingginya >5 cm, sehingga kaki anda akan kesulitan untuk menahan/menopang badan anda. Bila anda memaksakan untuk tetap menggunakan sepatu high heels dikhawatirkan akan menimbulkan sakit punggung, hal tersebut disebabkan peningkatan hormon relaxin sebagaimana dihasilkan oleh indung telur pada saat hamil.


    Wallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    7 komentar:

    1. untung emak, kaka gue ngga ada yang pakai. mending pakai sendal yang nyaman. dari pada bagus tapi bikin penyakit uta ngga gan. tapi aklau buat sesekali seperti model atau apa si menurut gue ngga papa. tapi kalau buat harian mah ogah ahahaa

      ReplyDelete
    2. Wah baru tau nich... kok bisa ya

      ReplyDelete
    3. wah ternyata ada bahayanya juga ya, baru tau ane

      ReplyDelete
    4. wow, harus segera ksh tau istri nih, hehe

      ReplyDelete
    5. Umumnya cewek yang menggunakan ini apalagi high heels ini akan jadi menekan otot makanya kalau keseringan pakainya bakal terasa juga efek samping (keburukannya).

      Makasih sekali buat ulasannya, kalau boleh kasih saran sih ada sumber referensi dari mana kesimpulan tersebut berasal.

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Bahaya Menggunakan High Heels bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top