• Latest News

    Thursday, 4 February 2016

    Bahaya Minum sambil Berdiri

    minum berdiri
    Air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk akan disaring oleh Sphincter. Sphincter adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.


    Nah Jika kita minum berdiri, Air yang kita minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.

    Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal.

    Cara pencegahan :
    1. biasakan minum duduk.
    2. banyak minum air putih.

    Kenapa minum sambil berdiri dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal?
    Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan saraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum.

    Ketenangan ini hanya bisa dihasilkan pada saat duduk, di mana saraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.

    Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana/nervus vagus (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

    Begitu pula makan dan minum berdiri secara terus-menerus terbilang membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.

    Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokkan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum. Hindarilah kebiasaan makan dan minum sambil berdiri, biasakan duduk ya teman.


    Wallahu a’lam bish shawab.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. Jadi sadar sekarang, ternyata bahaya kalo minum sambil berdiri.
      Terimakasih ilmunya :)

      ReplyDelete
    2. Hmm ternyata ngeri juga ya minum sambil berdiri terima kasih ya untuk infonya sangat bermanfaat sekali.

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Bahaya Minum sambil Berdiri Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top