• Latest News

    Tuesday, 9 February 2016

    Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Anda Mudah Lupa

    lupa
    Banyak sekali kebiasaan-kebiasaan di kehidupan kita sehari-hari yang tidak kita ketahui dampaknya, salah satunya kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan memori atau daya ingat dan daya tangkap otak melemah. Sehingga membuat kita mudah lupa akan sesuatu.


    Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang menurunkan kinerja otak :

    1. Makan Terlalu Banyak 
    Makan terlalu banyak (apalagi makanan yang berlemak tinggi) dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah otak ini dipercaya dapat menurunkan daya ingat otak kita.

    2. Merokok
    Selain merugikan bagi kesehatan, ternyata rokok juga dapat merusak kinerja otak. Zat-zat berbahaya dalam rokok akan mengakibatkan penyusutan/ pengecilan otak secara perlahan-lahan. Kalau dilakukan secara berkesinambungan/jangka panjang (bertahun-tahun), merokok dipercaya dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

    3. Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan
    Kadar gula yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan protein dan nutrisi. Ini akan menyebabkan ketidakseimbangan gizi dan mengganggu perkembangan otak.

    4.Kurang Tidur
    Saat tidur, otak kita beristirahat, kurang tidur otak menjadi lelah dan lama kelamaan dapat merusak sel-sel yang ada di otak. Oleh sebab itu kurangi begadang.

    5. Jarang/malas Berpikir
    Berpikir merupakan cara untuk melatih otak kita agar tetap terasah. Kurangnya berpikir, dapat menimbulkan pengkerutan pada otak.

    6. Kurang Berkomunikasi Dengan Orang Lain
    Bergaulah, karena bergaul itu kita berkomunikasi. Kurangnya komunikasi dengan orang lain ternyata dapat mennyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih atau tumpul.

    7. Memikirkan Terlalu Banyak Hal Saat Sedang Sakit
    Ternyata, jika terlalu memikirkan beban/masalah hidup saat sakit itu dapat merusak sel-sel otak. Bila anda sedang tidak enak badan atau dalam keadaan sakit, usahakan rileks saja dan kurangi beban pikiran.


    8. Stres/Depresi. 
    Seseorang yang dikarenakan sangking stressnya jadi sulit untuk berkonsentrasi serta menyimpan informasi/pengalaman di otak. Stress dapat muncul dari masalah contohnya masalah pekerjaan, masalah keluarga, serta tekanan batin.

    9. Kecanduan Alkohol atau Obat-Obatan. 
    Kadang kita berpikir bahwa meminum alkohol ada kaitannya pada stres, sehingga ada orang suka meminum minuman beralkohol serta mengonsumsi obat-obatan guna menjadi pelarian sementara terhadap masalah-masalahnya. Hal ini jelas bukan cara yang baik, kecanduan alkohol ataupun obat-obatan dapat menyebabkan bahaya bagi otak kita karena zat-zat yang ada di alkohol maupun obat. Jika sudah mulai kecanduan dalam jangka panjang, maka penggunanya dapat sangat berisiko mengalami pikun/dimensia di usia muda.




    Lupa memang penyakit semua orang yang susah sekali untuk dihilangkan. Namun jika kelupaannya sedemikian parah sampai disebut pikun, bisa jadi ada masalah di pikiran anda. Berikut tips agar tidak mudah lupa :

    Tips Supaya Tidak Mudah Lupa
    1. Mental yang aktif
    Sama seperti olahraga fisik menjaga tubuh tetap sehat mental juga seperti itu tetap harus dijaga, aktif secara mental bermanfaat untuk menjaga otak agar tetap optimal. Lakukan kegiatan seperti mengisi TTS (Teka-teki silang), rutin membaca atau menonton berita serta belajar bermain musik berikut beberapa contoh agar mental tetap aktif dan terasah.


    2. Bersosialisasi dengan rutin
    Interaksi sosial di masyarakat membantu kita untuk mencegah depresi dan stres kedua hal tersebut sangat berkontribusi kenapa mudah lupa. Carilah kesempatan anda untuk berkomunikasi dengan orang lain ataupun orang yang kita sayang seperti keluarga atau teman, terutama jika anda hidup sendiri sangat wajib bersosialisasi.


    3. Mengorganisir kegiatan
    Anda akan cepat/lebih mudah lupa jika jadwal kegiatan anda berantakan. Tulislah janji, tugas, atau acara lain kedalam buku catatan, smartphone atau kalender. Selanjutnya perbaharui daftar-daftar yang ada di jadwal anda, coret kegiatan jika sudah dilakukan. Lebih mudah membikin/membuat catatan/jadwal dengan menggunakan smartphone karena sudah dilengkapi dengan alarm pada jadwal kegiatannya.


    4. Istirahat yang cukup
    Usahakan untuk tidur minimal 8 jam sehari supaya memory otak tetap optimal dan tidak adanya kerusakan di sel-sel otak.


    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    14 komentar:

    1. saya juga sering lupa hehe, kalau untuk cara agar tidak mudah lupa bisa gak mas hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. hee di atas sudah ada mas tips ny agar tidak mudah lupa :D

        Delete
    2. Jika berpikir aja malas, makanya mudah lupa. Apalagi banyak makan, so pasti mudah lupa juga, karena kebanyakan kepikiran sama makanannya, hehe

      ReplyDelete
    3. ternyata terlalu banyak makan berpengaruh juga ya min

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas karna jika kita makan terlalu banyak otomatis kita merasa malas dan rentan lupa terhadap sesuatu.

        Delete
    4. Saya termasuk orng yng sulit bersosialisasi min

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jika sulit bersosialisasi dimasyarakat, bsa diawali belajar bersosialisasi dari keluarga :D

        Delete
    5. makasih bang, ini yang ane cari, soalnya ane juga pelupa :D

      ReplyDelete
    6. pantasan ana lupa rupa nya ini toh masalah nya ,makasih mas

      ReplyDelete
    7. Cocok buat ane yang sering pikun dlm hal2 kecil

      ReplyDelete
    8. Wahh seperti itu ya gan. thanks ya informasinya :D

      ReplyDelete
    9. ane paling sering kurang tidur gan

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Anda Mudah Lupa Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top