• Latest News

    Saturday, 6 February 2016

    Manfaat dan Bahaya Kopi bagi Kesehatan


    Manfaat dan Bahaya Kopi bagi Kesehatan
    Kopi, Apakah Anda mencium baunya? Anda dapat merasakannya? Bagi beberapa orang, yang jelas bau dan rasa lezat adalah alasan utama untuk membongkar sendiri dari tempat tidur setiap pagi. Apa itu? Membuka mata dan minuman lezat yang dikonsumsi oleh diperkirakan 100 juta orang Amerika setiap hari dan itu berasal dari kacang sederhana-kopi. Tetapi, selain minuman kopi berkafein ini dapat membuka mata dan rasa kecanduan, ada banyak manfaat lain yang tersembunyi :


    Menstabilkan Mental
    Apakah ada sesuatu yang sedih bisa karena penuaan atau masalah mencintai sehingga dapat drastis kehilangan ketajaman mental/penurunan mental? Anda mungkin tidak berdaya untuk mencegah hal itu, tetapi, menurut sebuah studi baru, kopi dapat membantu Anda dari masalah yang menekan mental anda. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang minum tiga sampai lima cangkir kopi per hari 65% menmungkinkan mengalami penurunan resiko terhadap demensia dalam kehidupan. Untuk itu pastikan Anda selalu minum kopi yang cukup.

    Perlindungan Kardiovaskuler
    Siapa pun yang serius tentang kesehatan tahu pentingnya sistem kardiovaskular yang sehat. Apa yang mereka mungkin tidak tahu adalah bahwa dengan hanya minum satu atau dua cangkir kopi per hari secara signifikan mengurangi resiko kematian terkait dengan penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah studi Jepang lebih dari 76,000 peserta, pria yang mengkonsumsi satu hingga dua cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar sebanyak 38%.

    Menurunkan Resiko Diabetes
    Peneliti Harvard Mereka menemukan bahwa jangka panjang peminum kopi telah secara signifikan mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 dan statistik menunjukkan risiko menurun semakin mereka minum kopi. Tetapi untuk penderita diabetes diharapkan membatasi gula Anda!

    Pengurangan Rasa Sakit/Lemas Saat Bekerja Keras
    Apakah Anda sakit disekujur badan saat bekerja keras? Tapi, ada yang mengejutkan bahwa banyak orang merasa diremajakan setelah beristirahat dan minum kopi mereka merasa nyeri atau sakit yang dirasakan memudar setelah meminum kopi. Peneliti Norwegia mengamati 48 orang yang melakukan pekerjaan kantor dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi hanya menyatakan tingkat intensitas nyeri 41, sedangkan peserta yang tidak minum kopi setiap melaporkan mengalami Skor 55. Jika studi ini adalah indikasi, Secara harfiah anda mungkin ingin mengambil rehat dan minum kopi.

    Sebagai Alternatif Penurunan Berat Badan
    Ketika Anda berpikir kopi, Anda biasanya memikirkan minuman. Namun, jika fokus Anda adalah penurunan berat badan, ekstrak kopi hijau bisa menjadi bantuan yang efektif. Setelah studi 22-minggu 16 orang dewasa kelebihan berat badan, para peneliti menemukan bahwa peserta diberikan ekstrak biji kopi hijau telah mengalami penurunan berat badan dengan 37.5% dari mereka pengalihan dari berada di pra-obesitas menjadi berat badan normal.

    Manfaat dan Bahaya Kopi bagi Kesehatan

    Disamping memiliki manfaat yang luar biasa kopi juga mempunyai beberapa dampak yaitu
    Bahaya Kafein yang Ada di Kopi
    Ingat: Kafein adalah obat, kata Steven Meredith, seorang peneliti dalam perilaku Farmakologi di Johns Hopkins School of Medicine.
    Sementara dalam dosis rendah umumnya aman, kafein bersifat adiktif dan pengguna dapat menjadi bergantung pada itu dan merasa sulit untuk berhenti, katanya. (Ketergantungan kafein bahkan disebut sebagai gangguan mental baru tahun ini.) Siapa saja yang telah pernah mencoba untuk berhenti dapat memicu berdebar sakit kepala, kekaburan mental dan kelelahan selama beberapa hari sampai menyesuaikan tubuh tanpa kafein.

    Efek lain dari terlalu banyak kafein :
    • Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kecemasan dan mengganggu pola tidur, mengarah ke lingkaran setan tidur gelisah, mengandalkan kafein untuk membantu dengan kelelahan siang hari, diikuti oleh lebih insomnia. 
    • Kafein berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk pengobatan tiroid, psikiatri dan obat-obatan depresi, Cipro antibiotik dan Mulas obat Tagamet. 
    • Kafein juga dapat sedikit meningkatkan tekanan darah. Jika Anda memiliki kesulitan mengendalikan Anda tekanan darah beralih untuk kopi tanpa kafein mungkin bisa membantu, kata Rob van Dam dengan Harvard School of Public Health. 
    • Kafein berpotensi menyebabkan hilangnya beberapa tulang-tulang belakang pada wanita post menopause jika mereka biasanya minum lebih dari tiga cangkir, atau 300 mg kafein per hari, tetapi tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet mereka, menurut Linda Massey, profesor emeritus gizi di Washington State University. Seorang wanita tua harus memastikan dia mendapat setidaknya 800 mg kalsium sehari-hari — melalui makanan atau suplemen — untuk mengimbangi efek kafein pada kalsium, menurut Bess Dawson-Hughes, MD, Direktur laboratorium metabolisme tulang di Universitas Tufts di Boston. 
    • Kopi itu sendiri juga dapat memberikan dampak dengan perut Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan Asam reflux atau mulas, maka kopi dan teh bahkan mungkin tidak akan tepat untuk Anda. 
    • Menurut Van Dam, jika Anda memiliki kolesterol tinggi dan Anda tidak ingin menambah masalah, Anda perlu menggunakan kertas filter untuk menjebak cafestol kopi, senyawa dalam kopi yang meningkatkan kadar kolesterol LDL.

    sumber : Institut Nasional Kesehatan-studi AARP




    Semoga bermanfaat, kepada anda yang suka mengkomsumsi kopi.

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. kalo kopi itam mah ga terlalu ngefek gan, yang ngefek itu kopi sachet baru banyak dampaknya gan:d

      ReplyDelete
    2. If coffee drink every day then it is a disease that comes slowly , do not drink coffee every day because it will make you addicted

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Manfaat dan Bahaya Kopi bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top