• Latest News

    Wednesday, 10 February 2016

    Manfaat dan Efek Samping Petai Bagi Kesehatan

    petai
    Pete atau disebut petai dalam bahasa Indonesia, kita sudah tidak asing lagi terhadap petai karena baunya yang khas. Petai memiliki bentuk memanjang dan bulat pipih. Asam amino dalam petai yang mengandung unsur sulfur tersebut yang menimbulkan bau pada petai. Kandungan tersebut yang membuat petai memiliki bau yang khas. Di negara Amerika Serikat petai termasuk buah yang paling buruk baunya. Meskipun petai memiliki bau yang tidak enak di Indonesia petai sangat disukai untuk dijadikan lalapan. Dibalik itu semua petai sendiri mempunyai kandungan gizi yang tinggi serta banyak sekali manfaat petai terhadap kesehatan.

    Beberapa manfaat petai bagi kesehatan :
    1.  Menghilangkan depresi

    Ternyata adanya kandungan zat tryptophan yang ada di dalam petai mampu meredakan depresi yang dialami sesorang. Berikut ialah dampak dari zat tryptophan yang ada didalam petai :

    • Menjadikan tubuh lebih rileks
    • Dapat meningkatkan mood, suasana hati, dan emosi seseorang
    • Membuat tubuh lebih bugar


    2. Mengurangi masalah PMS (pre menstruasi syndrome)

    Pada saat menstruasi, wanita seringkali suasana hatinya tak menentu, tidak nyaman bahkan sampai emosi. Mengkonsumsi petai yang kaya vitamin B1 dan B6 akan membantu kita mengontrol kadar gula dalam darah sehingga dapat membantu menstabilkan mood.


    3. Melancarkan pencernaan/sembelit

    Kadar serat yang ada didalam petai mampu mengatasi masalah sulit buang air besar dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.


    4. Mengatasi anemia

    Petai mempunyai kandungan zat besi yang tinggi mampu membantu meningkatkan penghasilan/produksi sel darah merah anemia pun dapat diatasi.


    5. Menjaga kesehatan otak

    Kandungan vitamin A didalam petai dapat membantu menjaga kesehatan mata dan otak serta meningkatkan konsentrasi.

    6. Menurunkan tekanan darah tinggi

    Petai mengandung kalium sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan mampu mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh hipertensi.


    7. Menghentikan kecanduan merokok
    Petai mempunyai kandungan vitamin B6, B12 serta kalium dan magnesium sangat bagus untuk membantu seseorang yang kecanduan nikotin sehingga kecanduan merokok bisa ditangani dengan baik serta membantu tubuh menangani efek nikotin.


    8. Baik untuk kesehatan lambung

    Petai walaupun kita mengkonsumsinya dalam keadaan mentah maupun matang tidak berefek terhadap kesehatan lambung kita.Tetapi petai sangat bagus untuk kesehatan lambung karena bisa menetralisir keasaman pada lambung, dapat mengurangi luka dan iritasi pada lambung, mencegah terjadinya infeksi pada lambung.



    Efek samping mengkonsumsi petai

    Dibalik dari manfaatnya yang baik untuk kesehatan, mengkonsumsi petai juga ternyata dapat menimbulkan efek samping. Supaya tidak membahayakan kita, simak berikut efek samping dari petai :


    • Petai mempunyai kandungan asam amino yang tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Maka tidak dianjurkan pada penderita penyakit ginjal mengkomsumsi petai

    • Kadar purin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekambuhan pada penderita reumatik dan asam urat

    • Bau yang ditimbulkan dari petai terkadang dapat menyebabkan rasa sakit kepala/pusing




    Dari beberapa manfaat dan efek samping petai, dapat disimpulkan bahwa petai termasuk makanan yang berkhasiat tetapi ada efek samping juga yang perlu kita perhatikan. Semoga Bermanfaat
    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. ane mah kgk suka nih ama makanan ini :v

      ReplyDelete
    2. bahahaha ternyata banyak juga ya manfaat petai ini, walaupun mulut jadi bau
      hahahah

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Manfaat dan Efek Samping Petai Bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top