• Latest News

    Friday, 5 February 2016

    Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

    sirsak
    Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair.Sirsak adalah buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Rasa buahnya yang manis asam membuat banyak orang menyukainya. Sirsak merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah sirsak dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit sariawan. Kayunya dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau bahan kerajinan tangan. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Daun sirsak mulai naik daun dari hasil penelitian yang telah dilakukan ahli bahwa daun sirsak mampu menjadi alternatif pengobatan bagi penderita kanker. Ini juga disinyalir lebih baik daripada kemoterapi hingga 100 kali lipat! Kandungan khasiat antikanker pada daun sirsak juga jauh lebih tinggi dibandingkan pada buah sirsak.



    Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan


    1. Mengobati Asam Urat

    Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. 10 lembar daun sirsak yang sudah tua direbus dengan  1 gelas air sampai mendidih. Setelah hangat minum ramuan ini dua kali sehari.


    2. Mengobati Diabetes


    Manfaat daun sirsak yang selanjutnya adalah mengobati diabetes. Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh dapat dinetralisir dengan meminum air rebusan dari daun sirsak. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.


    3. Mengobati Kanker

    Daun sirsak disinyalir memiliki kekuatan 100 kali kemoterapi untuk melawan kanker. Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas, minum 2 kali setiap hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi bahkan lebih berkasiat karena hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal.

    4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

    Hipertensi merupakan keadaan sistole dan diastole diluar angka normal yaitu 120/80 yang berbahaya karena dapat mengundang kondisi dan penyakit lainnya yang lebih berbahaya, misalnya stroke. Untuk menurunkan tekanan darah, anda bisa meminum air rebusan daun sirsak.

    5. Sebagai Obat Asma dan Sesak Napas

    Siapkan 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut-semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

    6. Mengatasi Bisul

    Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai di tumbuk dan atau haluskan kemudian tempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

    7. Mengobati Rematik

    Tumbuk beberapa lembar daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit hingga tidak terasa sakit lagi, biasanya harus dilakukan hingga beberapa hari.

    8. Obat Wasir/ Ambeien

    Salah satu obat tradisional untuk mengatasi wasir adalah daun sirsak. Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa hanya satu gelas. Minum air rebusan tersebut sekali sehari. Penderita wasir juga harus menghindari makanan pedas dan asam, karena kedua jenis makanan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya wasir.


    Berikut ialah manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat,
    wallahu alam bishwab


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top