• Latest News

    Tuesday, 2 February 2016

    Manfaat Sujud bagi Kesehatan

    sujud


    Sholat merupakan salah satu ibadah wajib yang dilakukan oleh umat Islam, terutama kaum adam wajib sholat berjamaah di Masjid. Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam gerakan sholat mulai dari takbir hingga tasyahud akhir. Salah satu gerakan  sholat adalah sujud, sujud ternyata mampu menyembuhkan sakit kepala seseorang dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Benarkah itu?


    Alasan Posisi Sujud Ternyata Mampu Menyembuhkan Sakit Kepala :
    Gerakan-gerakan sholat ternyata banyak membawa manfaat bagi manusia baik dari segi rohani maupun dari segi jasmani. Salah satu gerakan sholat yang memberikan kesehatan bagi tubuh manusia adalah sujud. Cara menyembuhkan sakit kepala dengan sujud telah diakui secara internasional. Gerakan sujud telah terbukti mampu menghilangkan sakit kepala yang diderita oleh seseorang. Namun gerakan sholat ini harus dilakukan dengan sempurna tidak asal-asalan. Benarkah demikian?

    Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat menyembuhkan sakit kepala seseorang. Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.
    Bagaimana penjelasan ilmiah tentang manfaat gerakan sujud? Secara ilmiah gerakan sujud dapat dibuktikan bahwa bisa menyembuhkan sakit kepala, pada saat seseorang melakukan gerakan sujud maka dapat dimungkinkan bahwa aliran darah lebih banyak mengalir kebagian leher dan juga bagian kepala karena saat sujud posisi kepala lebih rendah dari posisi jantung. Apa sajakah manfaat posisi sujud dalam kesehatan tubuh? berikut adalah beberapa manfaat dari posisi sujud bagi kesehatan:

    1. Dapat mengalirkan darah dan oksigen ke kepala dengan efektif
    Ketika sujud pembuluh darah terkunci di pangkal paha sehingga tekanan darah lebih banyak mengalir kembali ke jantung kemudian dipompa dan dialirkan ke kepala. Sehingga posisi sujud ini merupakan posisi yang efektif dalam mengalirkan aliran darah dan juga oksigen ke kepala dan otak. Sehingga salah satu metode menghilangkan sakit kepala dengan sujud.

    2. Dapat memecahkan sumbatan pada pembuluh darah
    Selain sujud dapat mengalirkan aliran darah dan oksigen dengan efektif ke kepala ternyata posisi sujud ini juga merupakan posisi yang terbaik untuk memecahkan adanya sumbatan pembuluh darah pada jantung yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

    3. Dapat mengobati sakit kepala
    Posisi sujud ini dapat mengoptimalkan aliran pembuluh darah halus yang mengalir ke otak sehingga tekanan yang diterima otak lebih banyak, hal ini dapat memberi manfaat bagi tubuh yaitu manfaat sujud dapat menyembuhkan sakit kepala.

    4. Dapat mencegah terjadinya stroke
    Lancarnya aliran darah dan oksigen ke kepala dan otak dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada otak sehingga orang-orang yang sering melakukan sujud maka resiko terserang penyakit stroke sangat rendah.

    5. Meningkatkan kecerdasan
    Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh, gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada lebih tinggi dari kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Hal inilah yang menyebabkan posisi sujud dapat meningkatkan daya pikir seseorang.

    Dalam Islam telah disunnahkan untuk melakukan gerakan sujud lebih lama dari pada gerakan lainnya karena dengan sujud seseorang dapat meningkatkan keimanannya selain itu juga sujud dalam waktu yang lama juga dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Namun sebagai orang yang beriman, kita tidak boleh melakukan ibadah sholat hanya karena ingin mendapatkan manfaat secara lahir saja melainkan sholatlah karena Allah semata.

    Itulah beberapa informasi seputar manfaat sujud bagi kesehatan dan sujud ternyata mampu menyembuhkan sakit kepala seseorang. Waalllahua'lam
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    23 komentar:

    1. Allahu Akbar... ternyata allah membuat gerakan dalam sholat itu ada manfaatnya.
      Http://Beritaandro.blogspot.com

      ReplyDelete
    2. setuju gan.. tapi kalo sujudnya gak bener, gak manfaat :D

      ReplyDelete
    3. hmm,saya rasa orang yang suka ngeburuk-burukin islam tentang nungging2 harus aca ini deh. Buat panas telinga aja tuh anak. (m) nice artikel (y)

      ReplyDelete
    4. Subhanallah, setiap gerakan shalat mempunyai manfaat yang sangat bermanfaat.
      Thx gan

      ReplyDelete
    5. Mantep gan!. pantes aja waktu sujud tadi pegel langsung ilang.

      ReplyDelete
    6. subhanalallah, maha besar allah atas segalanya... bukannya hanya menghasilkan ibadah, tetapi juga mengahasilkan kesehatan yang tak terduga.

      ReplyDelete
    7. subhanallah
      bgs gan artikelnnya
      http://kabartekno15.blogsop.com

      ReplyDelete
    8. sepakat gan kalo kita sujud pikiran kita jadi jernis mantap nih artikelnya...

      ReplyDelete
    9. sangat bermanfaat gan, jadi tau sekarang manfaat sujud

      ReplyDelete
    10. MAMPIR YA GAN http://www.zonapromo.id/2016/03/menghubungkan-blogspot-dengan-domain.html

      ReplyDelete
    11. subahanallah manfaat yang luar biasa, thanks gan infonya

      ReplyDelete
    12. subhanallah gan .. bukan hanya sujud gan tetapi semua gerakan sholat juga berdampak baik bagi tubuh :)

      ReplyDelete
    13. setiap sholat ternyata memiliki kesehatan jika dilakukan. nice info

      ReplyDelete
    14. Subhanallah ternyata gerakan sujud dalam sholat ada manfaatnya bagi kesehatan :)

      ReplyDelete
    15. dalam agama Islam pun disarankan untuk memperpanjang sujud, bisa dengan ditambahkan doa.

      ReplyDelete
    16. saya setuju bang dengan pendapat diatas... karena itu pun seperti yang saya rasakan manfaatnya sampaai saat ini

      http://www.panca-hero.net

      ReplyDelete
    17. Subbhanallah ... itulah ISLAM , selalu ada sesuatu yg bermanfaat disegala hal .

      ReplyDelete
    18. subhanallah meningkatkan kecerdasan .__.
      pantesan ane akhir" ini jadi cerdas yaa *plakkk

      ReplyDelete
    19. Subhanallah,, terimakasih sudah mau berbagi masbro..

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Manfaat Sujud bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top