• Latest News

    Sunday, 20 March 2016

    Kenapa Tumbuh Jerawat?

    Kenapa Tumbuh Jerawat?

    Jerawat adalah Pustul kecil atau benjolan kecil. Jerawat adalah lesi kecil pada kulit atau radang kulit karena kelenjar sebasea (kelenjar minyak) yang terinfeksi dengan bakteri, membengkak, dan kemudian mengisi dengan pus/nanah.

    Jerawat terjadi pada saat kelenjar sebasea, yang terdapat di dasar bawah folikel rambut, menjadi sangat terlalu aktif atau hiperaktif. Bagian tubuh yang paling rentan adalah punggung, wajah, dada serta bahu, tanda-tanda jerawat, terutama ketika sebuah benjolan terjadi.


    Kelenjar sebasea
    Kelenjar sebasea ialah kelenjar kecil di kulit yang mensekresikan zat lilin/minyak untuk kulit dan rambut. Dalam tubuh manusia kelenjar tersebut ada di seluruh kulit kecuali telapak tangan dan telapak kaki dan ada juga yang mempunyai lebih besar dari kelenjar sebasea yaitu pada wajah dan kulit kepala. Dikelopak mata kita, terdapat kelenjar sebasea yang mensekresikan tipe khusus untuk menangis.

    Beberapa kondisi medis yang berhubungan dengan kelainan dalam fungsi kelenjar sebasea, ialah sebagai berikut:
    • Jerawat
    • Kista sebasea - kantung tertutup atau kista yang terjadi di bawah permukaan kulit.
    • Hiperplasia - kelenjar sebaceous menjadi besar, memproduksi benjolan kuning, mengkilat pada wajah.
    • Adenoma sebasea - lambat tumbuh tumor (jinak, non-kanker) biasanya nampak seperti sebuah papul merah muda, daging berwarna, atau kuning atau nodul.
    • Kelenjar sebasea karsinoma - agresif (kanker) dan tumor kulit biasa.
    • Untuk pencegahan dokter menyarankan bahwa untuk segera mencegah risiko mengembangnya jerawat yang parah/pustul.
    • Terdapat bahaya yang tidak dapat diobati  yaitu jerawat parah yang bisa mengakibatkan bekas luka yang terlihat di kulit.
    Penyebab jerawat
    Kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak terdapat di dalam pori-pori kulit kita. Lapisan luar kulit kita menjadi tempat keluarnya minyak-minyak tersebut. Kadang-kadang, sel kulit yang mati tertinggal dan terjebak bersama-sama dengan minyak lengket, menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

    Penyumbatan pori-pori lebih mungkin terjadi selama masa pubertas (proses perubahan fisik dari tubuh anak menjadi tubuh orang dewasa yang mampu berreproduksi). Minyak yang berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea dikarenakan pori-pori kulit yang terblokir, sehingga minyak tersebut menumpuk di belakang pori-pori kulit.

    Akumulasi minyak ini memiliki bakteri, termasuk Propionibacterium acnes yang perlahan-lahan tumbuh, bakteri ini terkait dengan jerawat. Propionibacterium acnes umumnya dilepaskan tanpa membahayakan di kulit kita. Namun, ketika kondisi bakteri tersebut mulai tumbuh, dapat mereproduksi lebih cepat dan menjadi masalah. Makan bakteri tersebut dari minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea dan menghasilkan suatu zat yang menyebabkan respon imun mengarah ke peradangan kulit dan menyebabkan bintik-bintik.

    Baik dan buruknya bakteri menentukan keparahan dan frekuensi jerawat, para peneliti di Washington University School of Medicine mengidentifikasi dua jenis P. acnes dari 20% orang yang berjerawat dan bakteri tersebut hampir tidak ada di antara orang-orang dengan kulit yang sehat. Mereka menemukan hal berlawanan antara  P. acnes dengan regangan/kesehatan kulit yang berbeda.

    Kulit orang-orang yang rentan terhadap jerawat sangat sensitif terhadap tingkat testosteron darah yaitu hormon alami yang ditemukan pada pria dan wanita. Testosteron dapat membuat kelenjar sebasea memproduksi sebum/minyak yang terlalu banyak sehingga menyumbat membuat sel kulit yang mati sel lebih banyak, yang pada gilirannya meningkatkan probabilitas menghalangi pori-pori kulit.

    Kenapa Tumbuh Jerawat?

    Anda tidak dapat menularkan jerawat ke orang lain, jerawat tidak menular
    Produk susu dan makanan indeks glikemik tinggi terkait dengan jerawat - para peneliti dari New York University melaporkan dalam jurnal dari Akademi dari nutrisi dan Dietetics bahwa orang-orang yang makan banyak makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi dan produk-produk susu lebih cenderung menimbulkan jerawat. Mereka juga menyarankan bahwa menggunakan terapi nutrisi medis dapat membantu dalam pengobatan jerawat.


    Gejala jerawat
    Ada beberapa jenis jerawat dan mereka memiliki berbeda tanda dan gejala:
    • Whiteheads - juga dikenal sebagai comedo tertutup. Ini sangat kecil dan tetap di bawah kulit, muncul sebagai papula kecil, daging berwarna.
    • Komedo - juga dikenal sebagai comedo terbuka. Ini jelas terlihat; mereka hitam dan muncul di permukaan kulit. Beberapa orang keliru percaya mereka disebabkan oleh kotoran, karena warna mereka, dan scrub wajah ini tidak membantu dan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan masalah lain.
    • Papula - ini kecil, benjolan yang solid, bulat yang bangkit dari kulit, bewarna sering merah muda.
    • Pustula - ini adalah jerawat nanah penuh. Mereka ini jelas terlihat pada permukaan kulit. Dasar merah dan nanah di atasnya.
    • Nodul - ini adalah dari segi morfologi mirip (mirip struktur) untuk papula, tetapi lebih besar. Mereka dapat menyakitkan dan tertanam dalam di kulit.
    • Kista - ini jelas terlihat pada permukaan kulit. Mereka penuh dengan nanah dan biasanya menyakitkan. Kista ini umumnya menyebabkan bekas luka.

    Pastikah tumbuh jerawat?
    Jerawat adalah penyakit kulit yang paling umum untuk remaja. Menurut British Medical Journal (bukti klinis, penulis: Sarah Purdy, David DeBerker):
    • Lebih dari 80% dari remaja mendapatkan jerawat di beberapa titik.
    • Sampel komunitas dari 14 orang yang berumur 16 tahun di Inggris mengungkapkan bahwa jerawat terpengaruh 50% dari masa pubertas.
    • Studi sampel remaja di Selandia baru menemukan jerawat hadir dalam 91% dari anak laki-laki dan 79% dari perempuan.
    • Studi sampel remaja di Portugal menemukan bahwa prevalensi jerawat (dalam kedua jenis kelamin) rata-rata 82%.
    • 30% dari remaja dengan jerawat diperlukan perawatan medis.
    • Dikter umum (dokter perawatan primer) di Inggris melaporkan bahwa 3,1% antara umur 13 sampai 25 tahun pasien mengunjungi dengan mengeluh jerawat.
    • Timbulnya jerawat serupa pada dewasa pria dan wanita.
    • Dokter melaporkan bahwa jerawat muncul ke puncak pada usia 17 tahun.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    13 komentar:

    1. thanks infonya gan.. bermanfaat sekali

      ReplyDelete
    2. ohh jadi ini penyebab sama gejalanyaa,kata ibu ane sih diumur" ane sekarang ini,jerawat itu wajar hehhe

      ReplyDelete
    3. Ia jerawat itu kenapa harus terus bermunculan ternyata ini penyebabnya, thanks gan nice info

      ReplyDelete
    4. Baru tau saya, hehe, cara menghilangkannya bgmn

      ReplyDelete
    5. Untung aku sudah gak jerawatan lagi, haha, mantap infonya, jadi tau kalo jerawatan banyak macamnya

      ReplyDelete
    6. Nice post gan. untung saya gak ada jerawatnya :v hehehe

      ReplyDelete
    7. ilmunya bermanfaat banget nih harus ane perlihatkan ke teman ane yg jerawatan hehe

      ReplyDelete
    8. Makasih Gan infonya Cocok nih Buat ane Yang Banyak Jerawatt :D

      ReplyDelete
    9. Numpang tanya mas. adakah obat jerawat batu yang ampuh di apotik. Pake obat jerawat alami gak ada yang mempan

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Kenapa Tumbuh Jerawat? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top