• Latest News

    Saturday, 19 March 2016

    Renang Baik Untuk Kesehatan Anda

    Renang Baik Untuk Kesehatan Anda

    Renang adalah suatu olahraga yang pasti sering kita lakukan pada saat sekolah terutama dibangku SMA. Tahukah anda dengan berenang dapat menjaga tubuh kita agar tetap bugar. Jika Anda tidak terlalu suka berenang, hal ini tidak terlambat untuk memulai berenang karena banyak sekali manfaat yang didapat dari renang sebagaimana berikut.

    Berenang dapat memacu kerja jantung
    Jika Anda sedang mencari latihan yang meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru, renang dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular serta kadar kolesterol, asalkan Anda berenang dengan kecepatan yang cukup cepat. Berenang dengan cepat bertujuan untuk menjaga kesehatan denyut jantung pada saat 20 sampai 40 menit berenang. Mulai perlahan-lahan pada awalnya Anda mungkin perlu istirahat setelah berenang beberapa saat.

    Kontrol gula darah dan tekanan darah
    Beberapa studi telah menemukan bahwa renang dapat meningkatkan berbagai langkah untuk mengontrol gula darah, seperti sensitivitas terhadap insulin. Hal ini berlaku meskipun perenang cenderung memiliki lemak tubuh lebih banyak daripada, katakanlah, pelari atau pengendara sepeda. Renang bermanfaat dalam hal ini tidak hanya karena dapat memberikan latihan aerobik, tetapi juga karena aksi perlawanan di air sehingga dapat membangun otot, sehingga sel-sel dengan cepat dapat menerima insulin yang membantu kontrol gula darah.
    Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa program latihan renang dan air dapat membantu orang menurunkan tekanan darah.

    Pengendalian berat badan?
    Studi tentang efek renang terhadap berat bada telah menghasilkan hasil yang tidak konsisten. Sementara renang membakar banyak kalori (sekitar 600 kalori per jam tergantung pada gaya dan intensitas renang).
    Anda akan membakar kalori yang banyak jika melakukan gaya kupu-kupu. Berikutnya gaya dada dan gaya punggung, kemudian gaya menyamping. Hal ini baik untuk melakukan beberapa gaya yang berbeda untuk latihan penurunan berat badan yang seimbang.
    Bahkan jika renang tidak membantu menurunkan berat badan anda, ini dapat membantu mengurangi lemak dan lingkar pinggang, sementara mengencangkan otot utama semua (lengan, bahu, pinggul, kaki). Renang adalah juga cara yang baik untuk pelari dan pengendara sepeda untuk latihan dan menjaga kesehatan, karena renang menggunakan banyak otot-otot yang berbeda.

    Arthritis (nyeri sendi) dan nyeri punggung
    Studi mengutarakan bahwa dengan berenang dapat meringankan masalah arthritis atau masalah muskuloskeletal lainnya, terutama jika berenang dalam air hangat, khususnya, dapat meringankan sakit dan kekakuan sendi dan meningkatkan fleksibilitas. Sehingga memudahkan untuk bergerak dan dengan air dapat mengurangi beban pada lutut dan sendi.
    Berenang juga baik untuk sakit punggung, sebuah studi 2009 Turki menemukan bahwa berenang dapat membantu meringankan sakit punggung kronis juga pada tahun 2009, sebuah artikel review Belgia di klinik rehabilitasi ditemukan bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa olahraga dalam air yaitu berenang adalah cara yang aman dan efektif untuk meringankan sakit punggung kronis. Dan studi Swedia tahun 2006 menemukan bahwa olahraga air yaitu berenang dapat mengurangi insiden sakit pinggang pada saat hamil. Dikarenakan berolahraga di air mengurangi tekanan pada tulang belakang, sehingga merelaksasi otot dan meningkatkan fleksibilitas sendi.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 komentar:

    1. Olahraga renang bagus nih buat nambah tinggi badan, thx buat info nya

      ReplyDelete
    2. olahraga favorit ane memang hehehe

      ReplyDelete
    3. Renang ya yang paling dominan gan

      ReplyDelete
    4. artikel anda sangat menarik sekali dan bermanfaat, saya juga mempunyai tulisan sejenis mengenai jurnal serupa yang bisa anda kunjungi Disini Happy Sharing

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Renang Baik Untuk Kesehatan Anda Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top