• Latest News

    Tuesday, 12 April 2016

    Madu: Manfaat Kesehatan Dan Kegunaan Dalam Pengobatan

    Madu: Manfaat Kesehatan Dan Kegunaan Dalam Pengobatan
    Lebih dari empat ribu tahun yang lalu, madu digunakan sebagai pengobatan ayurvedic tradisional, dimana hal itu dianggap efektif mengobati masalah-masalah kesehatan dan ketidakseimbangan dalam tubuh. Pada zaman Mesir pra-kuno lebih dari lima ribu tahun yang lalu, madu digunakan secara topikal untuk mengobati luka.

    Madu adalah cairan manis yang terbuat oleh lebah menggunakan nektar dari bunga. Pertama lebah mengkonversi nektar menjadi madu dengan proses regurgitasi dan penguapan, kemudian menyimpannya sebagai sumber makanan utama dalam lilin sarang yang terdapat di dalam sarang lebah. Kemudian madu bisa dipanen dari sarang untuk konsumsi manusia.

    Madu mempunyai warna yang jelas yaitu berwarna emas kuning, madu sering mempunyai harga eceran yang lebih tinggi. Rasa madu akan bervariasi berdasarkan jenis bunga yang nektar yang dipakai oleh lebah.

    Manfaat kesehatan yang mungkin saat mengkonsumsi madu telah didokumentasikan diawal Yunani, Romawi, Weda, dan teks-teks Islam dan sifat-sifat penyembuhan madu telah dirujuk oleh filsuf dan ilmuwan sepanjang perjalanan kembali ke zaman kuno, seperti Aristoteles (384-322 SM) dan Aristoxenus (320 BC).

    Madu memiliki tingkat tinggi monosakarida, fruktosa dan glukosa, sekitar 70 sampai 80 persen yang mengandung gula, yang memberikan rasa manis - mineral dan sisa komposisi air. Madu juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Dalam ilmu pengetahuan modern, kami telah berhasil untuk menemukan aplikasi yang berguna madu dalam pengelolaan luka kronis.

    Namun, harus dicatat bahwa banyak klaim terhadap manfaat kesehatan madu masih memerlukan lebih ketat studi ilmiah untuk mengkonfirmasi mereka.


    Manfaat terhadap kesehatan dari madu

    1) Mencegah refluk asam

    Profesor Mahantayya V matematika, dari MGM Medical College, Kamothe, Navi Mumbai, India, dijelaskan dalam BMJ (British Medical Journal), karena 125.9 lebih kentaldaripada air suling pada 37 Celcius (suhu tubuh), madu dapat membantu dalam mencegah GERD (Gastroesophageal reflux).

    2) Menyembuhkan gastroenteritis

    E. Haffejee dan A. Moosa melaporkan dalam BMJ studi klinis di mana mereka menggunakan madu dalam solusi rehidrasi oral pada anak dan bayi dengan gastroenteritis. Tujuan mereka adalah dua:
    • Menentukan apakah madu mempengaruhi durasi diare akut
    • Mengevaluasi madu sebagai glukosa pengganti rehidrasi oral
    Mereka menemukan bahwa madu memperpendek durasi bakteri diare pada bayi dan anak. Mereka menambahkan bahwa madu tidak memperpanjang durasi non-bakteri diare, dan "aman dapat digunakan sebagai pengganti glukosa dalam rehidrasi oral larutan yang mengandung elektrolit."

    3) Penyembuhan luka dan luka bakar

    Ada beberapa kasus di mana orang telah melaporkan efek positif dari menggunakan madu dalam mengobati luka-luka. Hurlburt, mencoba pada seorang penderita diabetes, dengan berulang infeksi selulitis dengan mengambil antibiotik selama berbulan-bulan. Namun, mereka gagal untuk mengurangi gejala. Hulburt's dokter, Jennifer Eddy UW kesehatan Eau Claire Clinic, menyarankan bahwa dia harus mencoba menerapkan topikal madu. Segera setelah menerapkan madu, dia mulai merasa lebih baik.

    Hulburt mengatakan bahwa “hal ini jauh lebih baik daripada harus dimasukkan antibiotik oral ke dalam sistem Anda."

    Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam The Cochrane Library ditunjukkan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan luka bakar, penulis utama studi mengatakan bahwa "madu topikal lebih mudah dan aman daripada intervensi lainnya, terutama antibiotik oral, yang sering digunakan dan mungkin memiliki efek samping yang merugikan lainnya."

    Namun, harus ditekankan bahwa ada kurangnya bukti untuk sepenuhnya mendukung ilmiah ini. Pada kenyataannya, sebuah studi yang diterbitkan dalam The Lancet penyakit menular menyimpulkan bahwa menerapkan madu untuk pasien dengan luka 
    memiliki keuntungan lebih dari antibiotik yang normal antara pasien yang menjalani dialisis.

    4) madu untuk mengobati Alergi

    Ada beberapa penelitian menyarankan bahwa madu mungkin berguna dalam meminimalkan Alergi musiman. Madu bahkan 'mengalahkan obat batuk' madu dapat mengurangi frekuensi batuk.

    5) melawan infeksi

    Pada tahun 2010, para ilmuwan dari Academic Medical Center di Universitas Amsterdam melaporkan dalam jurnal FASEB madu mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri terletak pada protein yang disebut defensin-1. 5

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mikrobiologi mengungkapkan bahwa madu efektif dalam mengobati luka infeksi kronis dan bahkan dapat mencegah berkembangnya luka tersebut.

    Dr. Rowena Jenkins dan rekan, dari University of Wales Institute, melaporkan bahwa madu mampu membunuh bakteri dengan menghancurkan kunci protein bakteri.

    Madu alam lebih baik daripada madu buatan dalam membunuh bakteri. Kendall Powell menuliskan dalam jurnal Nature bahwa "madu alami membunuh bakteri tiga kali lebih efektif" daripada madu buatan.

    6) Mengobati batuk

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan madu sebagai obat batuk alami.

    Sebuah studi 2007 oleh Penn State College of Medicine menyarankan bahwa madu dapat mengatasi batuk pada malam hari dan meningkatkan kualitas tidur pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas yang lebih baik daripada obat batuk.


    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    11 komentar:

    1. Eeeee.... baru tau kalo Madu bisa menyembuhkan luka bakar

      ReplyDelete
    2. thanks infonya gan, sangat bermanfaat sekali

      ReplyDelete
    3. Memang sejak dulu madu sudah dipercya untuk mengobati segala macam penyakit gan,. Didalam dalil al-qur'an juga sudah dujelaskan dengan pasti

      ReplyDelete
    4. Emang madu banyak khasiatnya, tapi zaman sekarang banyak madu gadungan yang gak ada khasiatnya .. Jadi agak males sih buat minum madu

      ReplyDelete
    5. Alhamdulillah, saya selalu beli madu untuk kesehatan tubuh. Terima kasih artikelnya bagus.

      ReplyDelete
    6. banyak juga ternyata manfaat madu

      ReplyDelete
    7. Itu madu YG untuk alergi kulit, dioleskan ya gan

      ReplyDelete
    8. thanks infonya gan, skrang sya sudah tau manfaat sepenuhnya dari madu :)

      ReplyDelete

    9. wah artikelnya menarik dan bermanfaat sekali. saya akan coba tipsnya..
      saya juga punya referensi tentang hal seperti ini di http://ps-ik.gunadarma.ac.id
      Salam

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Madu: Manfaat Kesehatan Dan Kegunaan Dalam Pengobatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top