• Latest News

    Thursday, 7 April 2016

    Makanan Tinggi Karbohidrat Beresiko Menimbulkan Kanker

    Makanan Tinggi Karbohidrat Beresiko Menimbulkan Kanker
    Sebagian besar kita tidak asing mendengar peringatan untuk jangan sering mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat, karena tidak menyehatkan, serta untuk menghindari kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Sekarang tampaknya kita harus mengurangi mengkonsumsi minuman manis dan makanan olahan karena hal tersebut dapat memicu risiko terjadinya kanker.

    Temuan yang disajikan di American Society untuk sesi ilmiah gizi dan pertemuan biologi eksperimental 2016 di San Diego, CA. Mereka menyarankan bahwa mengkonsumsi minuman manis dan makanan olahan dapat memungkinkan pengembangan kanker prostat, sementara pada wanita yaitu risiko kanker payudara.


    Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan kedua penyebab utama kematian terkait kanker pada pria, sementara kanker payudara adalah salah satu kanker paling umum di kalangan wanita.

    Penelitian sebelumnya telah menghubungkan bahwa berlebihan asupan karbohidrat olahan menyebabkan sejumlah efek kesehatan yang buruk, yaitu kegemukan dan the disregulasi dari insulin dan glukosa, timbulnya faktor potensi risiko kanker.


    Penulis utama Nour Makarem, mahasiswa PhD di New York University, dan rekan-rekannya memeriksa kesehatan data untuk 3.100 sukarelawan.

    Karbohidrat dengan tingkat lebih dari 88% resiko kanker prostat
    Pengumpulan data dimulai pada awal tahun 1970, dan pelacakan Diet dimulai tahun 1991. Peserta memberikan informasi makanan dengan menyelesaikan kuesioner frekuensi makanan.

    Tim dikategorikan sumber makanan subyek oleh indeks glikemik (GI) dan glycemic load (GL).
    Langkah-langkah GI kualitas diet karbohidrat berdasarkan dampak relatif baha makanan terhadap kadar gula darah, dibandingkan dengan makanan referensi. GL mengukur kuantitas dan kualitas karbohidrat dalam bahan makanan tertentu.

    Para peneliti kemudian mencari korelasi antara tingkat asupan dan kanker karbohidrat, disesuaikan untuk faktor risiko kanker lain. Hasil mengungkapkan beberapa Asosiasi yang kuat antara konsumsi karbohidrat yang diproses dan kanker prostat. Konsumsi secara teratur makanan dengan GL tinggi berkorelasi dengan 88% lebih tinggi risiko kanker prostat. Konsumsi makanan rendah-GI adalah dikaitkan dengan prevalensi 67% lebih rendah dari kanker payudara. Rendah-GI makanan termasuk kacang-kacangan, bebas-tepung sayuran, buah-buahan kebanyakan dan bijian.

    Karbohidrat menawarkan perlindungan
    Tim mengungkapkan tingkat yang lebih rendah dari kanker payudara di kalangan perempuan ialah asupan kalori total yang melibatkan tingkat yang proporsional lebih tinggi karbohidrat yaitu asupan karbohidrat pada buah dan sayuran, bijian, dan kacang-kacangan.

    Hal ini menunjukkan bahwa jenis karbohidrat yang lebih penting daripada kuantitas. Kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang polong dikaitkan dengan 32%lebih rendah risiko payudara, prostat dan kanker kolorektal, yang semuanya lebih mungkin untuk mempengaruhi orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

    Makarem mengatakan:
    "Salah satu temuan paling penting di sini adalah bahwa jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang Anda mengkonsumsi dapat mempengaruhi resiko kanker. Tampaknya bahwa sumber karbohidrat sehat, seperti kacang-kacangan, cenderung untuk melindungi kita dari kanker, tetapi orang-orang non-sehat, seperti makanan cepat saji dan minuman manis, tampaknya meningkatkan risiko kanker."

    Sebagian pada risiko mereka yang rutin mengkonsumsi makanan olahan seperti pizza, burger, dan sandwich daging, atau minuman manis, termasuk jus buah, yang secara alami tinggi gula dan sering ditambahkan gula pula.

    Makarem menambahkan, "di Amerika hampir setengah dari mereka menambahkan gula dalam minumannya. Minuman manis akan gula telah ditunjukkan untuk meningkatkan risiko obesitas dan diabetes, dan dokumen penelitian kami bahwa mereka mungkin juga memiliki dampak merugikan terhadap risiko kanker."

    Medis News Today baru-baru ini melaporkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat berkontribusi terhadap perkembangan kanker.



    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    8 komentar:

    1. waahh terimakasih informasinya gan, jdi tahu sekarang ngak boleh bnyak mkan yang berkabonhidrat lagi

      ReplyDelete
    2. Jadi karbohidrat sedikit berbahaya ya gan kalau dikonsumsi berlebih? Terus agar tidak terjadi kanker bagaimana? Kan Karbo sebagai sumber utama energi tubuh

      ReplyDelete
    3. Padahal ane seneng banget ama yang namany karbohidrat, terutam nasi. Mesti lebih hati-hati nih :D

      ReplyDelete
    4. Berarti nasi & singkong jg dong gan

      ReplyDelete
    5. Saya bertanya...
      Apakah kita akan terserang kangker jika mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat selama lebih dari 3 hari..

      ReplyDelete
    6. semenjak baca ini,ane jadi kurangin makanan yang berkarbohidrat lagi gan

      ReplyDelete
    7. wah harus di kurangi ni untuk bisa perut six pack hehehe

      nice infooo gan

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Makanan Tinggi Karbohidrat Beresiko Menimbulkan Kanker Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top