• Latest News

    Wednesday, 20 April 2016

    Mendengkur: Penyebab, Pengobatan dan Perawatan

    Mendengkur: Penyebab, Pengobatan dan Perawatan

    Mendengkur adalah pernapasan berisik saat tidur yang disebabkan oleh bergetarnya jaringan di saluran pernapasan atas. Mereka yang gemuk, merokok, minum alkohol, laki-laki atau memiliki hidung yang sering tersumbat lebih rentan terhadap kebiasaan mendengkur. Mendengkur dapat berbahaya atau dapat menjadi tanda gangguan medis serius yang dikenal sebagai Obstructive Sleep Apnea (OSA).

    Setiap individu yang mendengkur harus berkonsultasi dengan penyedia medis atau gigi untuk membantu menentukan penyebabnya dan intervensi sesuai yang diperlukan untuk mengatasi mendengkur.

    Penyebab dan pengobatan mendengkur

    Ketika Anda tidur, Jaringan di tenggorokan dan saluran napas atas terbuka untuk asupan udara mudah ke paru-paru. Saat tidur, jaringan lunak dan lidah bersantai, dan sebagiannya dapat memblokir jalan napas.

    Jika udara yang datang dan keluar dari jalan napas mendapatkan perlawanan, mendengkur dapat terjadi. Tergantung penyebabnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berhenti mendengkur.

    Berikut ini adalah daftar 10 cara yang berbeda di mana mendengkur dapat diobati dan berpotensi dikurangi. Setiap hal juga memberikan informasi lebih lanjut tentang penyebab mendengkur.

    Hindari alkohol dan obat penenang
    Obat depresi atau obat penenang yang membuat rileks otot-otot.

    Membebaskan obstruksi hidung
    Terjadinya obstruksi hidung dapat membuat kita sulit menerima oksigen hal tersebut dapat diatasi dengan nasal strip, kortikosteroid dan pelembab semprotan hidung, antihistamin dan humidifier kamar dapat membantu mengurangi peradangan hidung dan obstruksi yang mengarah ke mendengkur.

    Perubahan posisi tidur
    Mendengkur lebih umum terjadi ketika tidur dengan posisi telentang membuat lidah lebih mungkin untuk memblokir jalan napas. Tidur dengan posisi miring, dengan posisi kepala berada diatas bantal untuk memperbaiki posisi leher serta dengan menempatkan guling di samping tidur dapat mencegah berguling ke belakang tidur posisi.

    Menurunkan berat badan
    Jaringan lemak yang berlebihan dapat mengelilingi dan mempersempit saluran pernapasan, menyebabkan mendengkur dan aliran udara terhambat.

    Oral appliance
    Alat yang dipasang (mirip dengan penjaga mulut) membantu menjaga jalan napas terbuka oleh gerakan lidah dan rahang sedikit ke depan. Peralatan ini dibuat oleh dokter terlatih khusus tidur kedokteran gigi.

    Latihan tenggorokan (orofaringeal)
    Memperkuat otot leher dan tenggorokan dengan latihan dapat membantu mereka dari jatuh saat tidur (mendengkur). Berusaha untuk mempraktikkan 10 latihan di bawah minimal 30 menit sehari selama minimal 3 bulan.
    1. Menjulurkan lidah Anda sejauh keluar dari mulut Anda sebanyak mungkin, dan kemudian memindahkannya ke samping dan naik turun.
    2. Memindahkan rahang atas dan ke bawah dalam gerakan mengunyah selama satu atau dua menit pada satu waktu. Ini harus dilakukan tanpa apa-apa (makanan) di mulut Anda.
    3. Mengatakan vokal setiap berulang-ulang setidaknya 20 - 30 kali tepat sebelum Anda pergi tidur.
    4. Bernyanyi "la la la, la" bergerak naik dan turun melalui catatan yang berbeda dan lapangan, sebelum pindah ke "fa, fa, fa, fa" dan akhirnya "ma, ma, ma, ma."
    5. Bukalah mulutmu secara luas terus terbuka selama sekitar 10 detik.
    6. Mendorong ujung lidah Anda terhadap atap mulut Anda dan geser ke belakang 20kali.
    7. Menggunakan jari telunjuk, tekan otot pipi Anda dari gigi Anda 10 kali pada setiap sisi.
    8. Tutup mulut Anda dan rapatkan bibir Anda. Tahan selama 30 detik.
    9. Dengan mulut terbuka, memindahkan rahang ke kanan dan tahan selama 30 detik, ulangi di sisi kiri.
    10. Meninggikan langit-langit dan uvula 20 kali.

    Berhenti Merokok
    Asap tembakau merupakan iritan yang dapat mengakibatkan peradangan jaringan. Karena sejumlah kecil peradangan dapat membatasi aliran udara yang masuk dan keluar.

    Tidur baik dengan kebersihan
    Mengikuti program kebersihan dengan mendapatkan konsisten tidur di tempat tidur yang nyaman, di ruang yang gelap dan dingin. Tidur yang tidak memadai dapat menyebabkan obesitas dan mendengkur berikutnya.

    Tekanan udara terus-menerus (CPAP)
    Pengiriman udara yang bertekanan melalui hidung adalah standar emas perawatan untuk mendengkur disebabkan oleh OSA moderat atau berat.

    Operasi
    Ada beberapa prosedur pembedahan yang dapat membantu mengurangi mendengkur. Contoh adalah:
      Mendengkur: Penyebab, Pengobatan dan Perawatan
    • Tonsilektomi dan Adenoidektomi: menghapus perbesaran amandel dan tumbuh-tumbuh adenoide
    • Pilar prosedur: menyisipkan implan plastik kecil di langit-langit sehingga jaringan menjadi kaku dan longgar
    • Uvulopalatopharyngoplasty (UPPP): menghilangkan kelebihan jaringan dari langit-langit lunak di mulut dan uvula
    • Septoplasty: perbaikan septum hidung yang menyimpang
    • Somnoplasty: Jaringan yang menegang lembek dengan menggunakan radio frekuensi energi untuk pangkal lidah
    • Laser-dibantu uvulopalatoplasty (LAUP): menggunakan laser untuk mempersingkat uvula (tergantung jaringan lunak bagian belakang tenggorokan) dan untuk memotong langit-langit yang bertumpuk lemak terutama pada orang dengan obesitas.
    Karena tingkat keberhasilan rendah dan potensi resiko kesehatan, pembedahan hanya boleh dipertimbangkan sebagai pilihan terakhir.

    Mendengkur dapat berbahaya, atau dapat menjadi tanda gangguan medis serius. Semua individu yang mendengkur harus berkonsultasi dengan penyedia medis atau gigi untuk membantu menentukan penyebab yang mendasari sehingga tindakan yang tepat dapat digunakan untuk mengobati mendengkur.


    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mendengkur: Penyebab, Pengobatan dan Perawatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top