• Latest News

    Wednesday, 6 April 2016

    Suplemen Vitamin D Harian Bermanfaat Bagi Pasien Gagal Jantung

    Suplemen Vitamin D Harian Bermanfaat Bagi Pasien Gagal Jantung

    Untuk pasien dengan gagal jantung kronis, suplemen harian dengan vitamin D dapat meningkatkan fungsi jantung. Ini adalah kesimpulan dari studi yang baru saja dipresentasikan pada American College of Cardiology 65th ilmiah sesi & Expo di Chicago, IL.

    Di AS, sekitar 5,1 juta orang telah gagal jantung, yang terjadi ketika jantung tidak mampu mempompa cukup darah kaya oksigen ke seluruh tubuh untuk mendukung organ lain. Prognosis untuk pasien gagal jantung sekitar 50% dari orang-orang didiagnosis dengan kondisi mati dalam 5 tahun diagnosis. Tetapi menurut Dr Klaus Witte, University of Leeds sekolah kedokteran di Inggris, dan kolega, suplemen vitamin D harian dapat menguntungkan fungsi jantung untuk pasien dengan gagal jantung kronis.

    Para peneliti mencatat bahwa pasien dengan gagal jantung sering mengalami kekurangan vitamin D, gagal jantung paling umum di antara orang dewasa berusia 65 dan remaja, dan orang tua cenderung karena kekurangan vitamin D dalam menanggapi sinar matahari daripada individu yang lebih muda.

    Peningkatan fraksi ejeksi dengan suplemen vitamin D
    Fraksi ejeksi (Ejection fraction) adalah ukuran (perkiraan) dari junmlah darah yang dipompa selama setiap kontraksi dari ventricle (bilik). Untuk mencapai temuan mereka, tim yang terdaftar lebih dari 160 pasien yang dirawat untuk gagal jantung pada Leeds Teaching Hospitals National Health Service (NHS) Trust, Dr. Witte adalah seorang konsultan ahli jantung. Selama 1 tahun, 80 pasien diminta untuk mengambil suplemen vitamin D setiap hari, sementara sisa pasien diminta untuk mengambil plasebo. Vitamin D, atau cholecalciferol, adalah bentuk vitamin D yang diproduksi dalam tubuh dalam menanggapi paparan sinar matahari.

    Pada akhir masa studi, tim menggunakan ekokardiogram untuk mengukur perubahan dalam fungsi jantung pasien, termasuk fraksi ejeksi mereka, seberapa baik pompa jantung pada setiap detak jantung. Individu yang sehat biasanya akan fraksi ejeksi 60-70%, tetapi fraksi ejeksi pada orang-orang dengan gagal jantung. Dalam studi ini, pasien memiliki rata-rata ejeksi sebagian kecil mulai dari 26%. Sementara pasien gagal jantung yang mengambil plasebo menunjukkan tidak ada perbaikan dalam fungsi jantung, orang-orang yang mengambil suplemen vitamin D harian menunjukkan peningkatan fraksi ejeksi, meningkat dari 26% ke 34%.

    dr Witte, menjelaskan hasil yang mungkin berarti bagi individu dengan gagal jantung :
    "Ini adalah terobosan yang signifikan bagi pasien gagal jantung. Ini adalah bukti pertama bahwa vitamin D dapat meningkatkan fungsi jantung terhadap kelemahan otot jantung yang dikenal sebagai gagal jantung. Temuan ini bisa membuat perbedaan yang signifikan untuk perawatan pasien gagal jantung."

    Para peneliti mengatakan hasil menunjukkan bahwa beberapa pasien dengan penyakit jantung, dengan suplemen vitamin D dapat mengurangi kebutuhan mereka untuk implan cardioverter defibrillator (ICD).

    ICD merupakan perangkat bertenaga baterai yang ditanamkan di bawah kulit dan terhubung ke jantung dengan kawat tipis. Perangkat memonitor irama jantung. Dalam mendeteksi kelainan apapun, ini memberikan kejutan listrik ke jantung, memulihkan irama normal.

    "ICDs mahal dan melibatkan operasi," kata Dr Witte. "Jika kita dapat menghindari implan ICD pada beberapa pasien, maka itu adalah dorongan untuk pasien dan NHS secara keseluruhan."

    Medis News Today baru-baru ini melaporkan penelitian bahwa mengukur tingkat dua komponen vitamin D yaitu total vitamin D dan biologis vitamin D bisa memprediksi risiko kesehatan kardiovaskular yang buruk.



    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. Ternyata vit. D sngat bermanfaat sekali ya bagi kesehatan jantung.

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Suplemen Vitamin D Harian Bermanfaat Bagi Pasien Gagal Jantung Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top