• Latest News

    Tuesday, 3 May 2016

    Mengkonsumsi Cokelat Setiap Hari Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

    Mengkonsumsi Cokelat Setiap Hari

    Studi oleh seorang penulis Prof. Saverio Stranges - mengunjungi akademis sekolah Kedokteran Universitas Warwick, Inggris Raya, dan direktur dari Departemen Kesehatan populasi di Luksemburg Institute of Health (LIH) - menerbitkan temuan mereka di British Journal of Nutrition.

    Cokelat sering dianggap sebagai suatu suguhan yang hanya bisa dinikmati dari waktu ke waktu. Mengingat kandungan lemak dan gula yang tinggi, hal ini tidak mengherankan; berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kerusakan gigi dan obesitas. Namun, hasil studi mengatakan bahwa, mengkonsumsi cokelat dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang signifikan.

    Cokelat memiliki kandungan kakao yang tinggi, yang berarti memiliki tingkat yang tinggi antioksidan khususnya, flavonoid yang merupakan molekul yang dapat mencegah beberapa bentuk kerusakan sel.

    Menurut studi mereka, Prof. Stranges dan rekan-rekan menganalisis konsumsi cokelat pada 1,153 orang yang berusia 18-69 yang merupakan bagian dari pengamatan risiko kardiovaskular di Luksemburg (ORISCAV-LUX). Data asupan cokelat dikumpulkan dari para peserta yang sudah menyelesaikan kuesioner frekuensi makanan. Tim menyelidiki apakah asupan cokelat dikaitkan dengan resistensi insulin yaitu dimana sel-sel tubuh secara efektif tidak merespon terhadap insulin, meningkatkan risiko untuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

    Mengkonsumsi cokelat sehari-hari dapat mengurangi resistensi terhadap insulin. Para peneliti menemukan bahwa 81,8 persen dari peserta penelitian yang mengkonsumsi cokelat, dengan konsumsi rata-rata 24.8 gram setiap hari. Dibandingkan dengan peserta yang tidak makan cokelat setiap hari, orang-orang yang mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi resistensi terhadap insulin dan meningkatkan tingkat enzim hati.

    Peserta yang makan cokelat yang lebih aktif secara fisik, lebih muda dan lebih berpendidikan daripada mereka yang tidak makan cokelat, menurut penulis.


    Cokelat dapat dimasukkan dalam rekomendasi diet?
    Prof. Stranges dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi risiko mengembangkan gangguan cardiometabolic dengan meningkatkan kadar enzim hati dan melindungi terhadap resistensi insulin.

    "Bukti-bukti, termasuk studi ini, produk berbasis kakao dapat mewakili rekomendasi makanan tambahan untuk meningkatkan kesehatan cardiometabolic; Namun, hasil pengamatan perlu didukung oleh bukti-bukti percobaan yang kuat.

    Penerapan pengetahuan ini termasuk rekomendasi oleh profesional kesehatan untuk mendorong orang untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan kaya Fitokimia, yang dapat mencakup cokelat di jumlah moderat."

    Namun, Prof. Stranges menyatakan bahwa sangat penting untuk membedakan perbedaan antara coklat yang berisi alami kakao dan coklat diproses; yang pasti jauh lebih tinggi kalori. "Oleh karena itu, aktivitas fisik, diet dan faktor gaya hidup lain harus hati-hati seimbang untuk menghindari merugikan berat badan dari waktu ke waktu," tambahnya.


    Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
    Semoga Bermanfaat

    waallahu a'lam bishawab
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengkonsumsi Cokelat Setiap Hari Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top