• Latest News

    Friday, 27 January 2017

    17 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Secara Alami dan Cepat

    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Cara mudah menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam – Bekas jerawat dan flek hitam sebenarnya merupakan suatu proses pemulihan kulit yang rusak dikarenakan jerawat. Pada masa pemulihan ini kulit akan memproduksi kolagen guna perbaikan kulit (kadang ada yang kekurangan kolagen ataupun kelebihan) sehingga membuat munculnya bekas jerawat dan flek hitam. Minimnya produksi kolagen mengakibatkan kulit menjadi berlubang atau seperti tertekan, sedangkan jika kolagen berlebih maka membuat kulit menjadi bintik-bintik dan muncul flek hitam.
    Dari segi kesehatan memang bekas jerawat tidak berbahaya terhadap kulit tetapi dari segi penampilan akan berdampak terhadap wajah anda sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri anda. Biasanya bekas jerawat akan cepat menghilang dengan sendirinya tetapi membutuhkan waktu yang tidak sebentar kadang-kadang mencapai waktu berbulan-bulan hingga bekas jerawat menghilang.Disini kita akan membahas yaitu cara menghilangkan bekas dengan menggunakan cara alami yang terjangkau dan mudah dilakukan oleh setiap orang.

    17 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Secara Alami dan Cepat
    Anda tidak perlu mempunyai banyak uang dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal guna membeli produk-produk menghilangkan bekas jerawat cukup dengan cara menghilangkan bekas jerawat simpel dan mudah ini anda bisa melakukannya di rumah, sebagaimana berikut :
    1. Tomat
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Buah tomat ialah buah yang mempunyai kandungan kaya akan vitamin A, kegunaan vitamin A sendiri mempercepat proses penyembuhan luka serta membantu proses pertumbuhan sel-sel kulit sehingga bekas jerawat akan cepat berkurang dan hilang.

    Caranya : Dapatkan 2 buah tomat yang segar, bersihkan selanjutnya diblender seperti halnya membuat jus tomat, tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk merata. Oleskan larutan tersebut kebagian seluruh wajah tetapi hindari bagian mulut, lubang hidung dan mata. Biarkan dan tunggu hingga 30 menit sampai mengering selanjutnya bilas dengan air dan bersihkan. Lakukan secara rutin 1 kali dalam seminggu.

    2. Pasta gigi/odol
    Pasta gigi ternyata mempunyai efek dalam proses penyembuhan luka terutama luka dari bekas jerawat, pasta gigi mengandung triclosan, hidrogen peroksida dan fluoride yang berguna dalam mencegah terjadinya iritasi pada kulit, dapat mengurangi proses peradangan pada kulit yang terjadi akibat dari luka bekas jerawat.

    Caranya : Oleskan pasta gigi pada bekas jerawat saja hindari pengolesan keseluruh wajah, biarkan selama 2 jam atau bisa anda tinggal tidur. Bilas dengan air dan keringkan.

    3. Pepaya/kates
    Buah pepaya ternyata mampu membantu kulit mempercepat pertumbuhan kulit karena enzim papain yang terkandung dalam pepaya serta antioksidan dan vitamin yang bisa mengatasi kemerahan dari jerawat dan dapat menghilangkan bekas jerawat.

    Caranya : Siapkan buah pepaya lalu bersihkan dan buat potongan-potongan lalu haluskan bisa dengan blender selanjutnya oleskan ke wajah diamkan kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat.

    4. Kulit jeruk
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Ternyata kulit jeruk juga kaya akan vitamin C yang dapat membersihkan pori-pori kulit dari bekas jerawat selain itu kulit jeruk juga dapat mengangkat sel kulit yang mati. Jika dilakukan secara rutin kulit jeruk mampu membantu anda menghilangkan bekas jerawat.

    Caranya : Pisahkan antara buah dan kulit jeruk lalu keringkan atau jemur kulit jeruk dibawah sinar matahari sampai kulit jeruk benar-benar mengering. Haluskan/blender kulit jeruk sampai menyerupai bubuk, tambahkan air pada bubuk kulit jeruk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada wajah mempunyai bekas jerawat lalu diamkan selama beberapa menit. Bilas/cuci dengan air hangat.

    5. Madu
    Kita tahu bahwa madu mempunyai khasiat yang banyak sekali untuk kesehatan, salah satunya dapat mengurangi peradangan di wajah dan melembabkan kulit. Madu bisa digunakan kepada semua jenis kulit jadi bagi anda yang mempunyai kulit yang sensitif tidak perlu risau karena madu justru lebih baik pada anda yang mempunyai kulit yang sensitif.

    Caranya : Anda cukup mengoleskan madu pada bekas-bekas jerawat atau flek hitam di wajah tunggu beberapa kurnag lebih 15 menit hingga madu lengket dan mengering lalu cuci dengan air dingin lalu keringkan. Anda dapat melakukannya 3 kali dalam 1 minggu.

    6. Es batu
    Es batu merupakan bahan yang mudah sekali didapatkan dalam menghilangkan bekas jerawat, karena es batu mempunyai efek mengurangi peradangan dan menenangkan kulit.

    Caranya : Pastikan anda mempunyai es batu dengan air yang steril, bungkus es batu tersebut dengan kain yang bersih. Tahankan didaerah bekas jerawat diamkan selama beberapa detik. Ulangi pada bekas-bekas jerawat lainnya. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga 3 kali dalam sehari.

    7. Timun
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Timun mempunyai kandungan yang dapat mencegah munculnya bekas jerawat dan peradangan pada kulit yang dinamakan astringent. Antioksidan dan vitamin E yang terkandung dalam timun juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

    Caranya : Siapkan ketimun lalu buat beberapa potongan dan tempelkan pada wajah anda tunggu selama beberapa menit. Cuci dengan air hangat, keringkan. Anda juga bisa membuat masker timun yaitu campurkan timun yang sudah dihaluskan dengan madu.

    8. Bawang putih
    Bawang putih mengandung thiacremonon sulfur yaitu senyawa yang dapat mengeringkan bekas jerawat serta senyawa yang bersifat antiseptik yang mampu menjauhkan bakteri penyebab jerawat. Kandungan senyawa dari bawang putih ini mampu menghilangkan bekas jerawat dari kulit wajah anda.

    Caranya : Haluskan/tumbuk bawang putih selanjutnya oleskan pada kulit yang mempunyai bekas jerawat diamkan dan tunggu dalam beberapa menit. Bilas/cuci dengan air hangat.

    9. Putih telur
    Putih telur ternyata mempunyai manfaat bagi kulit wajah anda serta dapat menghilangkan bekas-bekas jerawat pada wajah anda. Kandungan Asam amino dan protein pada putih telur mampu mempercepat regenerasi kulit dan mengencangkan pori-pori kulit anda.

    Caranya :  Siapkan sebutir telur lalu pisahkan putih dan kuning telurnya, kocok putih telur sampai mengembang. Oleskan pada wajah anda yang ada bekas jerawat sampai mengering. Bilas/cuci air hangat, lakukan 2-3 kali seminggu.

    10. Alpukat
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Alpukat berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat memperburuk kondisi bekas jerawat di wajah anda. Madu sendiri dapat meningkatkan regenerasi kulit serta mengurangi peradangan.

    Caranya : Ambil daging alpukat masukkan kedalam wadah, haluskan alpukat tersebut dan dicampur dengan madu. Oleskan merata di wajah dan diamkan tunggu sekitar 15 menit. Bilas menggunakan air hangat lalu keringkan.

    11. Perasan jeruk nipis
    Jeruk nipis mengandung AHA atau Asam Alpha Hidroksi Alami yang bisa untuk menghilangkan bekas luka dan meningkatkan peremajaan kulit dan penyembuhan kulit.

    Caranya : Siapkan beberapa jeruk nipis lalu peras 1-2 jeruk nipis, lalu gunakan air tersebut ke wajah anda yang ada/terdapat bekas jerawat dan flek hitam. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian cuci/bilas wajah anda dengan air. Lakukan setidaknya sekitar 3 kali dalam 1 minggu.

    12. Minyak zaitun
    Minyak zaitun sudah terkenal sejak dulu dengan banyak khasiatnya serta dapat juga menghilangkan noda-noda hitam akibat bekas jerawat.

    Caranya cukup simpel hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area/bagian yang ada bekas jerawat. Lakukan dengan rutin hingga bekas jerawat menghilang, minyak zaitun bisa anda dapatkan di apotik.

    13. Kentang
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Umbi-umbian seperti kentang ternyata banyak khasiatnya terhadap kulit, kentang mengandung banyak mineral dan kaya vitamin yang membuat kentang berguna untuk penyembuhan luka dan kesehtaan kulit.

    Caranya : Iris kentang tipis-tipis hingga menjadi beberapa bagian lalu haluskan kentang tersebut bisa dengan blender. Oleskan di wajah anda yang terdapat bekas jerawat dan flek hitam. Diamkan/tunggu selama 15 menit, bilas/cuci dengan air hangat. Untuk hasil yang sempurna lakukan perawatan ini 3-5 dalam sehari.

    14. Lidah buaya
    Lidah buaya merupakan salah satu alternatif cara alami menghilangkan bekas jerawat karena lidah buaya banyak mengandung vitamin yang dapat membantu anda menyembuhkan luka dan bekas jerawat serta regenerasi kulit wajah.

    Caranya : Siapkan lidah buaya secukupnya lalu potong dan kupas kulitnya, peras lidah buaya agar dapat mengeluarkan gel didalamnya. Oleskan pada daerah bekas jerawat dan flek hitam pada wajah anda, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas/cuci dengan air bersih.

    15. Wudhu
    Berwudhu selain sebagai sarana dalam melakukan ibadah sholat ternyata dapat juga menjadi pengobatan alami dalam menyehatkan kulit wajah. Dengan berwudhu kulit wajah anda tidak kering dan selalu dalam keadaan bersih setiap kali kita berwudhu.

    16. Membuat scrub gula
    Siapkan minyak zaitun dan gula sebagai bahan pembuatan scrub gula. Gula murni mengandung AHA dan asam glikolat yang berguna untuk mningkatkan regenerasi sel dan membersihkan sel-sel kulit yang mati.

    Caranya : Campurkan dua sendok gula dengan satu sendok minyak zaitun, lalu campurkan beberapa tetes perasan air jeruk nips, lalu aduk dan buat adonan hingga menjadi scrub. Oleskan scrub tersebut pada bekas jerawat dan flek hitam di wajah anda. Diamkan/tunggu sekitar 15 menit, kemudian bilas/cuci dengan air.

    17. Lemon
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    Lemon berfungsi untuk mempercepat produksi kolagen di kulit dan merangsang pembentukan sel kulit yang baru. Lemon sangat berguna dalam mempercerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda/flek hitam yang disebabkan jerawat.

    Caranya : Siapkan 1 buah lemon, iris lemon menjadi 2 potongan lalu peras. Oleskan cairan hasil perasan lemon pada bagian bekas jerawat dan flek hitam di wajah anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas/cuci dengan air dingin dan keringkan. Lakukan perawatan secara rutin 1 kali dalam sehari.

    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Berjerawat
    - Jangan begitu sering terkena paparan sinar matahari
    Paparan sinar matahari dapat membahayakan kulit anda karena sinar ultraviolet ini dapat memicu produksi melanin yang merupakan penyebab dari munculnya bekas jerawat atau flek hitam.

    - Hindari mencuci wajah dengan air yang terlalu panas
    Menggunakan air terlalu panas pada saat anda membersihkan wajah dapat membuat kulit anda menjadi kering dan cepat dapat merusak kulit.

    - Konsumsi air putih secukupnya
    Dengan mengkonsumsi air putih kulit wajah kita akan mengencang dan tidak kendor, serta dengan banyak minum air racun atau zat toksik dalam tubuh akan cepat dikeluarkan melalui urin.

    - Kurangi begadang dan istirahat yang cukup
    Tubuh kita memerlukan kurang lebih 7-8 jam beristirahat dalam sehari guna mengembalikan fungsi tubuh secara maksimal. Hindari begadang, karena dapat mengganggu proses regenerasi kulit.

    - Rajin berolahraga

    Olahraga secara rutin dapat membantu kelancaran peredaran oksigen menuju seluruh tubuh terutama kulit. Lakukan secara rutin olahraga terutama di pagi hari selama kurang lebih 15 menit lakukan minimal tiga kali dalam satu minggu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 17 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Secara Alami dan Cepat Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top