• Latest News

    Tuesday, 21 March 2017

    Cara Registrasi STR Online Tenaga Kesehatan Terbaru

    registrasi str online
    Seperti yang kita ketahui semakin perkembangan zaman dunia semakin maju dengan menggunakan media elektronic (E-) salah satunya kita sebagai tenaga kesehatan dalam proses pembuatan atau pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) sudah bisa melalui online yang diadakan oleh MTKI yaitu Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia.

    Sebelum anda registrasi online di situs mtki.kemkes.go.id ada persyaratan yang perlu ada lengkapi terlebih dahulu sebagaimana berikut :
    • Mempunyai email yang masih aktif
    • Kartu identitas yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk)
    • NPWP (jika memiliki)
    • Alamat pekerjaan
    • Alamat korespondensi (jika alamat anda berbeda dengan tempat tinggal)
    • Ijazah terakhir
    • Serkom (Sertifikat Uji Kompetensi)
    • Bukti slip pembayaran senilai Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) yang sudah dibayarkan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan nomor rekening 0193.01.001868.30.7 dengan atas nama/penerima “BPN 182 Pustanserdik Berkelanjutan” (penerima ataupun atas nama tujuan pembayaran sebagaimana yang tertera tidak berupa nama atau diwakilkan orang lain)

    Apabila persyaratan diatas sudah lengkap maka selanjutnya anda mengakses situs mtki seperti link yang ada diatas. Berikut tampilan situs mtki jika sudah terbuka :
    registrasi str online

    Saat registrasi anda wajib mempunyai email aktif karena email tersebut nantinya diperlukan guna registrasi di situs mtki. Masukkan email anda di kolom yang disediakan selanjutnya tugas anda untuk mendapatkan PIN, anda hanya cukup mengklik “saya belum memiliki PIN”, kemudian anda log in ke email anda dan lihat di inbox/email masuk. Akan ada email balasan yang berisikan PIN anda, lalu copy nomor PIN tersebut dan pastekan kembali ke kolom registrasi di situs mtki. Selanjutnya ketik kode verifikasi yang ada di gambar (harap teliti) dan tekan tombol “masuk”. Berikut tampilan menu registrasi mtki :
    registrasi str online

    Jika anda berhasil masuk pada tahap kesatu, maka akan muncul kalimat seperti ini “Saya Belum Pernah Sama Sekali Registrasi Online atau Manual”. Apabila anda memang belum pernah klik kalimat “(Klik Disini)” untuk mengisi data seterusnya ikuti petunjuk yang ada pada form.

    Setelah semua proses registrasi terlewati dan mencetak formulir sudah dilakukan lalu cek status pendaftaran/registrasi anda. Memeriksa status registrasi/pendaftaran digunakan untuk mengetahui kejelasan dokumen/berkas yang telah anda entri sebelumnya. Caranya dengan mengklik menu dan masukkan kode berkas dan tanggal lahir kemudian klik tombol “Cek Status”. Kode dokumen/berkas akan diterima melalui email anda setelah MTKP mengirim data anda ke MTKI.
    • Print out formulir 1a pada lembar 1 dan 2
    • Pas poto 4x6 (berlatar warna merah) 3 lembar
    • Fotocopy ijazah pendidikan terakhir terlegalisir 2 lembar
    • Fotocopy transcript nilai terlegalisir 2 lembar
    • Fotocopy sertifikat ukom (baru berlaku terhadap lulusan DIII Keperawatan, ners dan bidan)
    • Surat keterangan sehat dari dokter
    • Bukti asli slip setoran tunai PNBP (lembar warna kuning) atas nama pengirim sendiri yang ditujukan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) yang ditujukan kepada BNP182 PUSTANSERDIK BERKELANJUTAN dengan no. Rekening 0193.01.00186.


    Demikianlah cara registrasi/pembuatan STR online, berikut pernyataan-pernyataan yang patut anda ketahui.

    Apakah STR yang kita entri bisa langsung diproses ke MTKI ?
    Apabila anda sudah meregistrasi STR anda tahap selanjutnya ialah menunggu sampai kuota pembuatan STR online terpenuhi barulah akan di proses ke MTKI. Permohonan pembuatan STR yang anda ajukan tidak serta merta akan langsung diurus satu persatu melainkan secara pemenuhan kuota. Oleh sebab itu jika ingin cepat memenuhi kuota sebaiknya anda mengajak teman anda untuk segera meregistrasikan STR-nya agar permohonan STR dapat langsung diproses di MTKI.

    Berapa lama proses pengajuan hingga mendapatkan STR ?
    Untuk sampai mendapatkan STR anda harus menunggu kurang lebih 6 bulan. Oleh sebab itu sering-seringlah mengecek ke kantor PPNI atau DinKes setempat untuk mengetahui perkembangan STR anda yang diproses.

    Berapa lama STR kita berlaku ?
    Sebagaimana yang tertera pada Peraturan Menteri Kesehatan 1796 STR dapat berlaku selama 5 tahun dan diperpanjang selama 5 tahun. Bagaimanakah cara memperpanjang STR sebelum anda memperpanjang STR adapun persyaratan yang harus anda penuhi yaitu memiliki 25 SKP (Satuan Kredit Profesi) dalam 5 tahun. Selanjutnya anda dapat ke kantor PPNI.

    Apakah kita tidak bisa melamar pekerjaan jika belum memiliki STR ?

    STR ialah syarat wajib bagi perawat untuk bekerja di Rumah Sakit, tetapi perawat juga dapat bekerja di Rumah Sakit dengan menggunakan sertifikat ukom atau STR sementara dari MTKP yaitu Dinas Kesehatan Provinsi biasanya STR sementara ini memakan waktu kurang lebih seminggu dalam proses pembuatannya.


    Salam SUPER, semoga bermanfaat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    9 komentar:

    1. Assalamualaikum, mau tanya, saya mau perpanjang str, dulu masih sip. Lulusan 2010 habis per agustus 2016, skrg sdg tdk bekerja, mohon d bantu infonya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. STR dapat diperpanjang dengan ketentuan yaitu mempunyai 25 SKP, untuk lulusan sebelum tahun 2012 sebagaimana yg terlampir pda permenkes 1796. Dilakukan Pemutihan STR, yaitu tidak dilakukannya Uji kompetensi untuk mndapatkan STR, tetapi cukup dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut :
        1. Ijazah Perawat terakhir (SPK/DIII/Ners/Ners Spesialis)yg dilegalisir : 2 lembar
        2. Pas Foto 4x6 latar belakang merah 3 Lembar
        3. Pemutihan diajukan langsung ke MTKI secara kolektif oleh Organisasi Profesi / PPNI, Institusi Pelayanan, dan Institusi Pendidikan.

        Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke PPNI setempat
        Semoga dapat membantu. Salam SUPER

        Delete

    2. antoni darisman10 April 2017 at 17:25
      Assalamualaikum, mau tanya, saya mau perpanjang str, dulu masih sip. Lulusan 2010 habis per agustus 2016, skrg sdg tdk bekerja, mohon d bantu infonya.

      ReplyDelete
      Add comment

      ReplyDelete
    3. min mau tanya saya sudah bayar biaya registrasi 100 rb, kemudian konfirm, dari aplikasi data pembayaran benar dari mulai tanggal billing, kode bayar sampai tgl bayar dll. lalu saya cetak formulir namun di formulir pada bagian biaya registrasi data pembaayaran berbeda tanggal bayar kosong kode billing maupun tanggal expired berbeda dari aplikasi. itu bagaimna min?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba dikonsulkan di Bank tempat anda bertransaksi. Terima kasih

        Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    5. Mau tanya min saya kirim berkas manual ke mtkp tgl 20 juni 2017 karena ketidaktahuan saya tentang transfer pake kode biling tetapi saya sudah transfer ke bank bri pake a.n pustanserdik. Apakah akan di proses nanfi di mtki? Terus berapa lama ya? Saya takut tidak di proses mohon pencerahannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya rasa itu tidak jadi masalah, untuk prosesnya kurang lbh 6 bulan.

        Delete
    6. Mau tanya min saya kirim berkas manual ke mtkp tgl 20 juni 2017 karena ketidaktahuan saya tentang transfer pake kode biling tetapi saya sudah transfer ke bank bri pake a.n pustanserdik. Apakah akan di proses nanfi di mtki? Terus berapa lama ya? Saya takut tidak di proses mohon pencerahannya

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Cara Registrasi STR Online Tenaga Kesehatan Terbaru Rating: 5 Reviewed By: Catatan Perawat
    Scroll to Top