• Latest News

    Monday, 15 May 2017

    Perbedaan Nyeri Akut dan Kronis (Macam-macam Nyeri)

    Perbedaan nyeri akut dan kronis

    Nyeri adalah kompensasi tubuh karena adanya suatu yang salah atau abnormal. Jika kita tidak sengaja menginjak benda tajam ataupun benda panas, maka muncul rasa nyeri yang menandakan bahwa anda sedang terluka dan perlu mendapatkan penanganan.

    Berdasarkan kualitas,lokasi,durasi dan karakter nyeri ada beberapa macam nyeri,yaitu :
    1. Nyeri Akut
    Merupakan nyeri yang terjadi secara spontan atau karena adanya suatu reaksi sensoris dari nosiseptif yang mendadak termasuk sinyal atau alarm untuk mekanisme proteksi pada tubuh. Nyeri akut kebanyakan terjadi karena adanya memicu kerusakan jaringan somatic ataupun visceral, yang lama atau jangka berlangsungnya hampir bersamaan dengan lamanya proses sembuhnya perlukaan yang tidak disertai factor penghambat atau penyulit. Rasa nyeri tersebut akan berangsur hilang seiring sembuhnya luka. Berdasarkan sifatnya nyeri akut dibagi menjadi 2 macam yaitu:
    Nyeri fisiologis : nyeri yang terjadi apabila intensitas rangsang mencapai ambang atau batas normal nosiseptor sehingga menimbulkan refleks menghindar. Nyeri ini bersifat sementara,hanya selama adanya rangsang nyeri dan bisa dilokalisir
    Nyeri klinis : timbul karena terjadinya perubahan kepekaan system syaraf terhadap rangsang nyeri sebagai akibat adanya kerusakan jaringan  yang disertai proses inflamasi , nyeri ini sifatnya terlokalisir dan baru hilang bila penyebabnya hilang / sembuh.

    2. Nyeri Kronis
    adalah nyeri yang bertahan lebih dari tiga bulan dan dapat juga bertahun-tahun yang tak kunjung sembuh seperti halnya penyakit-penyakit peradangan pada sendi (arthritis) yaitu rematik, asam urat atau gout.

    3. Nyeri Somatik
    Adalah nyeri yang dipicu karena adanya kerusakan pada jaringan yang terjadi dibagian permukaan tubuh (soma), meliputi jaringan muskulo-skeletal dan kulit atau deep somatic, yaitu :  ligamentum, tulang, otot dan sendi. Kualitas atau rasa nyerinya tajam dengan lokalisasi berbatas dan tegas.

    4. Nyeri Viseral
    Adalah nyeri yang dipicu karena adanya kerusakan dibagian dalam tubuh, terutama organ visceral yang disebabkan karena adanya trauma atau nyeri punggung bawah karena benturan/jepitan.
    Nyeri viseral merupakan nyeri yang berasal dari organ-organ dalam tubuh yang mempunyai rongga seperti usus, lambung, jantung, kantung empedu dan pancreas. Nyeri viseral ini mempunyai satu cirri khusus yaitu biasanya diiringi dengan reffered pain (peralihan nyeri) dan sensasi atau reaksi otonom seperti mual muntah.

    5. Nyeri Psikogenik
    Adalah nyeri yang tidak disebabkan oleh stimulus, melainkan gangguan fungsi tranmisi nyeri atau adanya gangguan modulasi neuron. Mekanisme terjadinya nyeri  psikogenik ini lebih mirip dengan halusinasi, mimpi atau memori dan jauh berbeda dengan nyeri atau sensasi yang timbul dari nosiseptor.

    6. Nyeri Neuropatik
    Disebut juga nyeri patologis yaitu  nyeri abnormal yang rasa nyerinya disebabkan oleh kerusakan pada serabut saraf perifer atau saraf-saraf sentral sendiri.

    7. Nyeri Sentral

    Adalah nyeri yang ditimbulkan karena adanya kerusakan sistem saraf pusat (otak).

    Semoga bermanfaat
    Sumber : MyHealth
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perbedaan Nyeri Akut dan Kronis (Macam-macam Nyeri) Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top